Terkait Karhutla Semakin Banyak , Gubernur Kalbar Panggil Kurang Lebih 100 Perusahaan Sawit Yang Terindikasi

Majalahmataborneonews.com,Kalbar,- Titik hotspot akibat kebakaran hutan (Karhutla) di Kalimantan Barat semakin banyak.

Asap dengan kondisi semakin hari semakin pekat membuat Gubernur Kalimantan Barat memanggil hampir 100 perusahaan sawit yang terindikasi melakukan pembakaran lahan penyebab asap dan melakukan koordinasi terkait penanganan karhutla diseluruh kawasan Kalbar.

Beberapa perusahaan kemudian didata dan diabsen oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan sebagian yang tidak hadir dianggap tidak mau berkoordinasi dan tidak memiliki inisiatif yang baik kepada Pemprov Kalbar.

Sebagai gubernur, Sutarmidji tidak akan melihat siapa pemilik perusahaan. Karena tindakan yang akan diberikannya berlaku untuk semua perusahaan yang terbukti berbuat salah.

Iapun mempertanyakan adakah kehadiran asosiasi ataupun gabungan pengusaha sawit yang ada di Kalbar.

Dia mengatakan, dalam pemanggilan akan meminta penanggung jawab perusahaan yang akan datang agar perusahaan yang terindikasi membakar lahannya bisa langsung mengambil tindakan.

Menurut Bang Midji, panggilan akrab orang nomor satu di Kalbar ini, masyarakat yang lebih sering dikambinghitamkan oleh perusahaan sawit.

“Padahal yang bakar perusahaan masyarakat dikambinghitamkan. Alasan yang lahannya tidak diserahkan dan lainnya, mana guna asosiasi,” tanyanya lagi.

“Saya akan pantau terus kalau masih bertambah akan saya segel,” tegasnya sembari duduk dari podium usai memberikan sambutan.

Mantan Walikota dua periode ini menegaskan perhari ini akan segera  menandatangani Pergub Karhutla yang tidak mengadopsi aturan namun selaras dengan teguran pencabutan ijin dari sisi administrasi.

“Hari ini akan saya tandatangani, perusahaan yang tidak taat hukum tentu akan ditindak,” pungkasnya. (Ki)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *