Bupati Sambas Sosialisasi Pergub No 63 Tahun 2018

Gubernur Kalbar telah mengeluarkan regulasi terkait harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit. Regulasi terbaru yang mengatur hal itu adalah Peraturan Gubernur Kalbar Nomor 63 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Indeks K dan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun Kalimantan Barat. Sebelumnya aturan yang sama adalah Pergub Nomor 86 tahun 2015.Pergub tersebut sudah tidak relevan lagi sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengapresiasi aturan tersebut. Saat mengikuti kegiatan sosialisasi Pergub itu di Pontianak, Rabu (16/1) bupati mengatakan memberikan perlindungan dan kepastian harga kepada pekebun kelapa sawit.
“Tujuan aturan ini adalah memberikan perlindungan dan kepastian harga kepada pekebun kelapa sawit. Karena akibat adanya perbedaan perlakuan harga pembelian TBS pekebun kelapa sawit oleh Perusahaan Kelapa Sawit,” ujar Bupati.

Selain itu aturan itu nantinya lanjut Bupati bisa mencegah terjadinya persaingan yang tidak sehat diantara Perusahaan Kelapa Sawit yang ada.
Harapan dia, dengan lahirnya regulasi berupa peraturan gubernur kalbar itu selain memberikan kepastian bagi pekebun kelapa sawit, yakni pertumbuhan perekonomian yang dicatatkan dari sektor perkebunan kelapa sawit semakin meningkat. “Harapan Pemerintah, sektor ini terjadi peningkatan kesejahteraan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang memiliki usaha perkebunan di Kalimantan Barat. Sehingga diperlukan sekali kebijakan terkait dengan penentuan harga tandan buah segar kelapa sawit ini,” papar dia.
Dia meyakini, Pergub ini menjadi pedoman dan acuan oleh tim provinsi dalam memproses penetapan indeks K dan harga TBS kelapa sawit produksi pekebun kalbar. Baru bisa didapat angka dan harga yang wajar dan dapat dikontrol secara transparan oleh semua.

Penulis : Nopriyanto

Editor : Kiki

2 tanggapan untuk “Bupati Sambas Sosialisasi Pergub No 63 Tahun 2018

  • Januari 17, 2019 pada 7:00 pm
    Permalink

    itu baru mantap….

    Balas
    • Januari 17, 2019 pada 7:05 pm
      Permalink

      iya terima kasih atas komentarnya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *