Pertemuan Tiga Pilar Di Sintang Bahas Kamtibmas

 

Pengecekan dan kesiapan Sarpras TNI Polri dakam rangka kesiapan PAM Pemilu Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sintang Tahun 2020 Minggu 22 Desember 2019 bertempat di halaman Mapolres SintangMajalahmataborneonews.com Sintang,-
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Barat Sambangi Kabupaten Sintang pada tanggal 21-23 Desember 2019.

Forkopimda Kalbar yang turut hadir kesempatan itu yakni Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Pangdam XII/ Tpr, Danlantamal XII dan Danlanud Supadio , Polres jajaran Polda Kalbar.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyatakan kunjungan Forkopimda Provinsi Kalbar ke Sintang tersebut dalam rangka pertemuan Tiga Pilar ,Pembekalan terhadap upaya untuk meningkatkan indeks desa membangun dari yang paling rendah sangat tertinggal , menjadi desa berkembang ,maju dan mandiri ini yang nomor satu . sehingga sasaranya yaitu tiga pilar yakni Babinsa,Babin Kamtibmas dan Kepala Desa ,sehingga dapat menaikkan status desa menjadi desa maju,desa mandiri dan sebagainya.

“Sementara di Kabupaten Sintang masih ada 86 desa yang statusnya masih sangat tertinggal meskipun masih ada 6 desa yang maju ,sebab itu bagaimana kedepan kita dapat mengeluarkan status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang.

Yang kedua kata Jarot pertemuan tersebut menitik berkaitan hal tersebut menyongsong natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Karena infrastrukturnya masih buruk,sehingga kemarin saja saya mau mengejar penyambutan rombongan dari Provinsi Kalbar tidak bisa karena terhalang trukc banyak yang tenggelam di ruas jalan Binjai,”bebernya.

Ketiga kesiapan menghadapi Pilkada serentah pada September 2020 mendatang menjaga kondusifitas keamanan.

“Yang harus disikapi saat ini pelaksanaan Pilkades serentak yakni dari 391 desa yang ada di kabupaten sintang terdapat 324 desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak ,”ucapnya.

Gubernur Kalimantan Barat Yang di wakili Oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Provinsi Kalbar H.Adi MH Yani menyebutkan agenda tersebut sengaja dipersiapkan sebagai bentuk dan dalam rangka antisipasi dini terhadap ancaman kamtibmas yang tidak diinginkan bersama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di Kalimantan Barat ,khususnya di Kabupaten Sintang.

“Untuk menjaga keamanan dan ketertiban ini bukan hanya tugas dari TNI,Polri dan Pemerintah tetapi tugas kita bersama lapisan masyarakat agar tercapainya pria kebangsaan ,keamanan yang merdeka ,bersatu,berdaulat adil dan makmur,dapat kita wujutkan bersama ,perlu kita ketahui bersama bahwa pengamanan natal dan tahun baru serta Pilkada 2020 merupakan suatu penghormatan dan kebanggan yang tak dapat dinilai dengan apapun sekaligus ladang amal yang akan mendapat balasan dari. Allah SWT,”ujarnya.

Kapolda Kalbar Irjen. Pol. Drs. Didi Haryono, kesempatan itu menegaskan Kita lihat langsung kesiapan perosnel sampai bhabin kades, kesiapan perlangkeanapan peralatan kyang kita mliki untuk melancarkan keiatan natal dan tahun baru
Kita juga melihat bagaimana, sinergitas para bhabin kades, dalam mengusung pembangunan desa mandiri, ada 6 desa mandiri, yang tadinya sama seali ttidak ada. Ada tiga dimensi.
Semua aktivitas semua proses pemmabgunan akan berkembang mellaui.

Kedatangan kami untuk mengecek kesiapan personel, terutama TNI Polri, kemudian dari Bhabinas dan kamtibmas, perosnelny, perlengkapan perlatan alusitanya, dan sismed, bagaimana sistem anggarannya.
Semua mencukupi, motor baru. Terutama bhabin.
Desa mandiri yang tadinya hanya satu di kayong utara, desa sutra, sekarang sudah nambah 86 desa mandiri di Kalbar. 6 di antarnya ada di sintang, 8 kapuas hulu.
52 indikator, dari 3 dimensi yang menjadi penilaian, sosialsial ekoniomi dan dimensi lingkungan hidup. Gubernur sangat intens terhadap pembangunan daerah terutama melalui desa mandiri, semua indikator ada. Kalau semua berjalan, sinergi melalui para kades, bhabinsa dan bhabinkamitmas ini insya allah semua bisa kita bisa atasi semua.
Di desa mandiri, dimensi sosisal, kita sudah membangun pos kamling diawasi perosnel mumpuni dan peraltan memadai, sistem dibangun modern, android.
Mendeteksi sekaligus, mendata memdiasi apabla erjadi permasalahan sosial, bagaiaman kitta mencegah dini apabila terjadi kerusakan lingkungan,

Danlanud Supadio Pontianak Marsma TNI.Palito Sitorus menyatakan rasa syukur selaku Danlanud Supadio Pontianak karena baru kali ini bisa bersinergi dengan rombongan dan ini adalah kali pertama.

“Walaupun kami tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam hal Bina Kamtibmas dan kemajuan masyarakat namun kami telah menjaga dan memberikan rasa aman di udara demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat,”katanya.

Sinergi dan Harmoni itulah dua kata yang cukup dalam hal menjaga kedaulatan NKRI yang paling penting juga kita jaga persatuan dan kesatuan dan rasa harmoni dari semua komponen maka kedepan perayaan Natal dan Tahun Baru pasti aman.

Danlatamal Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi Dirinya merasa bangga dengan dipertemukan dengan elemen masyarakat Sintang yang siap menyongsong agenda nasional.dirinya yang baru menjabat Dua bulan Danlatamal Pontianak, sebelumnya dia bertugas di Biak Papua selama Dua Tahun setelah itu diberikan kepercayaan untuk tugas di Lamtamal Pontianak ini.

“Melalui forum ini ,hanya sedikit berpesan terutama dalam menyongsong agenda nasional yakni Natal,Tahun Baru, pilkada serentak dan Pilkades ,patut kita sadari bersama bahwa yang merayakan agenda tersebut kita semua oleh karenanya didalam menyongsong agenda nasional ini jangan dibawa kedalam suasana yang tegang,”tegas Danlatamal.

Pandam XII/Tpr Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad. Agenda tersebut merupakan suatu penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua komponen masyarakat dan tiga pilar atas dedikasi dalam memajukan wilayahnya.

“Mari kita kedepan secara sinergi
untuk memajukan daerah , sinergitas dan ketahanan harus
dibangun setiap saat dari lini
bawah sampai tertinggi untuk memajukan bangun komunikasi dan jalin silaturahmi kesemua komponen dalam hal sinergitas
segera petakan potensi potensi yang dapat mengganggu keamanan dan kemajuan,”Tegas Pangdam XII/Tpr.

Acara tersebut diawali dengan pengecekan dan kesiapan Sarpras TNI Polri dakam rangka kesiapan PAM Pemilu Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sintang Tahun 2020 Minggu 22 Desember 2019 bertempat di halaman Mapolres Sintang,dengan diakhiri peninjauan Pos Kampling Desa Mandiri Di Desa Sungai Ana Kec Sintang Kab Sintang.(sus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *