Penuhi Janji Gubernur Kalbar Resmikan Asrama Di Bengkayang Yang Layak Huni

Majalahmataborneonews.com,Bengkayang,- Sempat viral dengan asrama namun mirip dengan gubuk reot yang ditempati puluhan pelajar di Dusun Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang yang langsung direspon oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Memenuhi janji untuk mendirikan tempat layak huni, hari ini Bang Midji sapaan akrab orang nomor satu di Kalbar itupun meresmikan asrama bagi siswa siswi SDN 02 di Kabupaten Bengkayang.

Menurutnya, bangunan asrama ini hanya bersifat sementara dan merupakan solusi tercepat untuk membantu para pelajar yang sebelumnya tinggal di gubuk atau pondok tak layak huni.

“Asrama ini hanya sementara supaya siswa menjadi nyaman terutama untuk belajar dan tinggal sehari-hari,” ungkapnya usai meresmikan asrama bagi siswa siswi SDN 02 Sempayuk Dusun Sempayuk, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Minggu (7/7/2019).

Pengalihfungsian bangunan, dijelaskannya tidak menjadi masalah, apalagi aset bangunan tersebut sudah diserahkan ke Pemkab Bengkayang.

“Nah dari pada jadi bangunan yang tak digunakan, bagus dijadikan asrama pelajar, kebetulan tempat tinggalnya mencar-mencar jadi kita jadikan bangunan sementara,” ujarnya.

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi dan Pemkab Bengkayang diakuinya telah berupaya membantu mencarikan solusi dikarenakan rumah para pelajar yang letaknya sangat jauh dari sekolah.

“Untuk itu mereka perlu asrama atau tempat tinggal sementara yang dekat dengan sekolah. Bayangkan ada yang lima jam jalan kaki ke sekolah, akhirnya orang tua memang sudah kebiasaan membuatkan tempat-tempat tinggal sementara agar mereka bisa tidak kesulitan bolak-balik rumah ke sekolah,” paparnya.

Mantan Walikota Pontianak dua periode ini menilai perlu dibangun satu lagi bangunan serupa agar antara anak laki-laki dan perempuan terpisah.

“Ini kan sebelah laki, sebelah perempuan karena kawasan ini rumah (pelajar) jauh-jauh, mungkin ke depan kami buatkan lagi satu, murni untuk asrama,” tuturnya.

Asrama yang sifatnya sementara ini dilengkapi dengan delapan kamar dan masing-masing kamar di isi empat tempat tidur. Asrama siswa ini juga dilengkapi dengan fasilitas memasak serta fasilitas sanitasi.

Peresmian asrama juga dihadiri Wakil Bupati Bengkayang, Assistant II Pemprov Kalbar, Kadisdik Pemprov Kalbar dan Porkopimda lainnya. (Ki)

Sumber : SuaraKalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *