Masyarakat Tionghua Serawai, Rayakan Cap Go Meh dengan Kesederhanaan


Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Secara rutinitas Jajaran Polsek Serawai melakukan pengamanan perayaan cap go meh namun kali ini berbeda dengan perayaan cap go meh di daerah lainnya, perayaan cap go meh di kecamatan Serawai dilakukan secara sederhana dimana warga yang ikut merayakan dengan personil pengamanan Polsek Serawai dituntut untuk secara bersama-sama menggunakan baju merah.

Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono,menjelaskan bahwa acara perayaan cap go meh seperti ini baru pertama kali dilakukan oleh warga tionghua di kecamatan Serawai. “Saat ini untuk pertama kalinya kecamatan Serawai tergolong dalam daerah pengamanan ops liong kapuas 2019 sehingga kami mengajak warga untuk kompak merayakan cap go meh,”tuturnya.

Pius Bunnardi ketua panitia Cap Go Meh Serawai berterimakasih pada pihak polsek yang mana telah mendorong warga Tionghua setempat untuk menggelar acara tersebut.

“Kami merasa berterima kasih dengan peran aktif dari Polsek Serawai sehingga ide penyelenggaraan cap go meh di kecamatan Serawai ini bisa terlaksana berkat ide dan desakan dari Kapolsek Serawai” ujar Pius Bunnardi.

Selain perayaan cap go meh yang dilakukan secara sederhana di kecamatan serawai, kedepan warga tionghua bertekat akan membentuk majelis adat budaya tionghua di kecamatan Serawai, sehingga untuk perayaan imlek ditagih 2020/2571 akan lebih meriah dan terarah.

Cap Suwondo, menjelaskan bahwa sebagai tokoh warga tionghua Serawai, mengajak warganya untuk kompak dalam melakukan kegiatan-kegiatan adat. “Pembentukan MABT Serawai bukan pemisah dari adat lainnya namun bagaimana warga tionghua dapat melestarikan Budaya” ujar tokoh muda tionghua ini.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *