Kapolsek Ajak Warga Sintang Untuk Tidak Membuka Lahan Dengan Cara Membakar

Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Kapolsek Sintang Kota Iptu Harjanto, mengajak warga untuk tidak membuka Lahan Dengan Cara Membakar. Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber acara Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan di wilayah Kecamatan Sintang.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula abdi praja Kecamatan Sintang dan dihadiri oleh Camat Sintang, Danramil Sintang, Kepala Manggala agni daops Sintang ,perwakilan BPBD Sintang, para lurah/Kades di jajaran Kecamatan Sintang, Kamis (11/7/19).

Menurutnya, membuka lahan dengan cara membakar dampaknya sangat luas dan banyak pihak yang dirugikan.

“Dengan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat berdampak kepada masyarakat luas, seperti faktor kesehatan, sosial ekonomi dan lingkungan itu sendiri sehingga tanah menjadi kering kemudian sukar untuk ditanami, Ucap Kapolsek.

Kemudian, dirinya juga menyampaikan maksud dan tujuan agar warga masyarakat di wilayah Kecamatan Sintang tidak terjerat proses hukum. Pasalnya, aturan terkait aktivitas pembakaran hutan sudah ada dan harus ditegakkan secara tegas.

“Jangan sampai ada masyarakat Sintang berurusan dengan hukum karena faktor Karhutla. Apabila ada berita tentang hotspot pihak berwajib akan menelusuri perkara itu baik sengaja maupun tidak, ” imbuhnya.

Para undangan yang hadir sangat antausias dan menyambut baik. Kemudian berharap kedepannya sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla itu juga dilaksanakan sampai ke tingkat Desa atau Kelurahan sehingga masyarakat benar-benar paham dampak dan akibat karhutla itu sendiri. (Susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *