Wisata dan Budaya

PJ Gubernur Harisson Kunjungi Objek Wisata Pancur Aji Sanggau

Spread the love

Majalahmataborneonews.com, Sanggau – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dr. Harisson, M.Kes., bersama Pj. Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalbar Sekaligus Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., mengunjungi Destinasi Wisata Pancur Aji Sanggau pada hari Senin (4/3/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung potensi wisata Pancur Aji dan memberikan dukungan untuk pengembangan dan promosinya.

Tiba di lokasi wisata, Pj. Gubernur dan rombongan langsung disuguhkan dengan berbagai atraksi olahraga panah, pangkak gasing, hingga kegiatan ekonomi kreatif dan UMKM lainnya seperti menyulam kalengkang khas Sanggau, minum kopi tungku, dan makan lemang.

Sebelum berkeliling area wisata, Pj. Gubernur Kalbar menyerahkan bantuan kepada Pj. Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H., berupa perlengkapan wisata, seperti tenda dan mesin pemotong rumput.

“Wisata Pancur Aji ini saya lihat sangat menarik, ada riam dan air terjun, sarana dan prasarananya juga sudah mulai lengkap. Tinggal bagaimana kita terus mempromosikan tempat wisata ini supaya banyak wisatawan yang datang,” ucap Harisson sembari menikmati suasana di destinasi wisata Pancur Aji.

Ia juga berpesan agar kawasan hulu wisata Pancur Aji dijaga kelestariannya sehingga debit airnya tetap terjaga.

“Daerah hulu nya harus benar-benar dijaga ya Pak Bupati, agar jangan sampai terjadi deforestasi dan penebangan hutan yang menyebabkan debit air nya berkurang. Tempat wisata ini kan juga bisa jadi sport tourism. misalnya diadakan festival lain yang bertempat di daerah wisata ini” , pinta Harisson.

Pj. Ketua TP-PKK Kalbar, Ny. Windy Prihastari, yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar menambahkan bahwa Destinasi wisata Pancur Aji ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan libur panjang.

“Tadi kita sudah melaksanakan festival Pancur Aji, yang mana festival tersebut bertemakan Sport Tourism. Ada perlombaan olahraga yang diikuti oleh kabupaten/kota se Kalimantan Barat. Ada juga atraksi memasak lemang dibakar di bambu. Saya sendiri juga tadi menyulam kalengkang menggunakan benang tembaga pipih yang mana selain untuk pakaian bisa juga diaplikasikan untuk syal ataupun kopiah dan lain-lain, ini sangat menarik,” ungkap Windy.

Windy juga mengatakan bahwa Pemprov Kalbar akan terus mempromosikan wisata Pancur Aji dan membantu pengembangannya.

“Destinasi wisata Pancur Aji ini harus terus dipromosikan sesering mungkin dan dikemas dengan berbagai Event agar semakin dikenal oleh masyarakat,” kata Windy.

Kunjungan Pj. Gubernur Kalbar dan Pj. Ketua TP-PKK Kalbar ke Wisata Pancur Aji Sanggau diharapkan dapat memberikan dorongan dan semangat bagi pengembangan wisata di Kabupaten Sanggau, khususnya Wisata Pancur Aji.

Kegiatan kunjungan ini juga dihadiri Pj Ketua DWP Provinsi Kalbar Dayang Efy Mafiani, Pj Ketua TP PKK Kab. Sanggau, Instansi terkait lainnya serta para pegiat wisata yang ada di Kab. Sanggau.(adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us