Kabar DaerahSambas

Kiat-kiat Dorong Peningkatan dan Kualitasi Inovasi Daerah

Spread the love

Majalahmataborneonews.com, Sambas-

Komisi I DPRD Kabupaten Sambas berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dapat merangsang kreatifitas dan inovasi daerah di berbagai bidang. Belajar dari hasil Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Sambas ke Pemerintah Daerah Kota Serang, ada beberapa kiat yang dapat dicontoh dan diterapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas kedepannya dalam mendorong peningkatan inovasi baik dari segi jumlah dan aspek kualitas inovasi daerah.

“Kami melihat, dari dialog bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Serang, Pemdanya memberikan perhatian penuh pada upaya-upaya peningkatan inovasi daerah. Terutama pemberian insentif berupa program bagi inovasi terbaik terutama dalam pelayanan publik dan pembangunan,” ujar Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas usai melakukan Kunjungan Kerja ke Kota Serang, Selasa (5/3/2024).

Pemda Kota Serang lanjut Ketua Komisi I sangat serius terhadap tata kelola inovasi daerah. Dapat dilihat dari konsep Pemdanya dalam memberikan penghargaan kepada para innovator atau pelaku inovasi.

“Kita bisa lihat keseriusan daerah mereka, dari konsep penganugerahan yang digelar sangat elegan dan rutin, hingga konsep penyelenggaraan yang menyasar inovasi dengan beragam kategori mulai dari inovasi pelayanan publik, inovasi tata kelola pemerintahan, dan inovasi kewenangan daerah lainnya. Tentunya ini bisa menjadi contoh baik untuk kita di Kabupaten Sambas,” tutur Ketua Komisi I.

Harapan Figo, hasil dari kunjungan kerja ke Kota Serang Provinsi Banten, menjadi bahan evaluasi bersama DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas guna mendorong lahirnya inovasi-inovasi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi merupakan bagian dari peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pemerintahan daerah. Muara dari inovasi adalah adanya peningkatan kemajuan pembangunan daerah, peningkatan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan untuk masyarakat,” ungkap Lerry Kurniawan Figo.

Sehan A Rahman, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sambas memimpin kunjungan kerja Komisi I ke Bappeda Kota Serang. Senada dengan Ketua Komisi I, Sehan berharap Pemda dapat mendorong semua komponen masyarakat melahirkan ide gagasan sebagai Inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

“Alhamdulillah, Kabupaten Sambas secara regulasi sudah mempunyai peraturan daerah terkait inovasi daerah. Kondisi ini harus menjadi dukungan bagi semua komponen masyarakat kita untuk turut berpartisipasi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kita dengan turut menyumbangkan ide-ide dan gagasan penting melalui program inovasi,” tutur Sehan A Rahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us