SambasUncategorized

Dandim 1208 Sambas dan Kapolres Sambas Dampingi Direktur Pengendalian Karhutla di Kecamatan Paloh

Majalahmataborneonews.com, Sambas –

Komandan Kodim 1208 Sambas, Letkol CZI Priyo Hindrarto, S.I.P bersama Kapolres Sambas AKBP Sugiatmo, S.I.K dampingi Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan – Ditjen PPI – KLHK bersama-sama terjun ke lokasi kebakaran tinjau perkembangan tindak lanjut penanganan karhutlah di wilayah Kab, Sambas yang berlokasi di Desa Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Jumat (28/7/2023) Sore.

Dilokasi, Dandim 1208 Sambas Letkol CZI Priyo Hindrarto, S.I.P menyebutkan, adapun titik api yang ditinjau di wilayah Koramil 08 Paloh yaitu 1 titik berada di – CO.1, 4013 N,109,1612 E, di Desa Mentibar  Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, serta Luas lahan terbakar dan dapat dipadamkan, ± 6 Ha di desa Mentibar Kecamatan Paloh.

“Penyebab lahan terbakar yaitu karna kondisi tanah lahan gambut dan daun kering yang mudah dilalap api yang ada di sekitar lahan, dan disertai cuaca yang panas ekstrim dan angin sehingga memudahkan api untuk menjalar ke bagian bawah tanah,” ungkapnya.

Letkol CZI Priyo Hindrarto mengatakan, tim melakukan pemadaman darat lanjutan di Dusun Sungai Simpur Desa Mentibar Kecamatan Paloh bersama masyarakat, Manggala Agni dan masyarakat Desa Mentibar.

“Upaya pemadaman dilakukan pada jalur pejalaran api yang menuju akses jalan, dengan pola mengapit dan menyerang, tim berhasil memutus jalur api utama dan asap atau bara sudah berhasil dipadamkan. Namun masih ada bara api dan asap kecil yang masih belum bisa di jangkau oleh tim,” katanya.

Letkol Czi Priyo Hindrarto mengimbau kepada semua lapisan masyarakat agar saling mengawasi dan mengingatkan kepada warga yang akan membuka lahan dengan cara dibakar agar tidak mengakibatkan kebakaran lahan yang berkelanjutan.

“Kemarau yang terjadi saat ini memicu kebakaran makin meluas khususnya di lahan yang kering. Kedepannya akan kita tingkatkan sinergi dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *