SanggauWisata & Budaya

Majalahmataborneonews.com, Landak- Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka didampingi Ketua GOW kabupaten Sanggau Cristiani Sri Kusumastuti, mewakili Bupati Sanggau Paulus Hadi, hadir meresmikan rumah adat Tawakng Gomoris sekaligus membuka secara simbolis Gawai Nosu Minu Podi di desa Penyelimau Jaya Kecamatan Kapuas. Sabtu (24/6/23).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh dalam sambutannya mengungkapkan bahwa proses  membangun rumah adat ini membutuhkan waktu cukup panjang.

“Telah dijelaskan oleh ketua panitia tadi, bahwa pembangunan ini memakan waktu selama sembilan tahun, mulai dari tahun 2004, akhirnya selesai pada hari ini dapat kita resmikan. Hal itu tentunya karena ada niat bersama dan gotong royong, maka hari ini kita dapat resmikan rumah adat ini,” sambungnya.

Kukuh juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah tentu mendukung peningkatan nilai kebudayaan dan keagamaan sesuai dengan visi misi kepala daerah.

“Pemerintah kabupaten Sanggau tentu mengapresiasi kerjasama dan kekompakan serta semangat gotong royong masyarakat di tempat ini,” ucapnya.

Sekda Kukuh  juga berharap agar rumah adat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk meningkatkan nilai adat istiadat serta budaya yang ada di Desa Penyelimau Jaya.

“Harapan saya selaku wakil dari pemerintah agar rumah adat ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kebudayaan serta hal – hal positif lainnya sehingga memberikan warna yang baik bagi masyarakat di tempat ini,” pungkasnya.

Selanjutnya, Kukuh juga mengajak masyarakat untuk tetap bersatu dan menjaga keharmonisan serta kekompakan yang terlihat saat peresmian rumah adat tersebut.

“Kita hidup bermasyarakat selalu terikat pada norma, ada aturan adat, maka saya pesan agar kita dapat hidup rukun berdampingan antar sesama,” ujarnya mengakhiri kata sambutannya.(MB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *