Kabar DaerahLandakWisata & Budaya

Ditutup Dengan Pembagian Piala, Berikut Daftar Pemenang Dalam Acara Naik Dango ke-38 di Landak

Penyerahan Hadiah Kepada Para Pemenang Dara Edo’ dan Bujang Tarigas Dalam Acara Naik Dango ke-38

Majalahmataborneonews.com, Ngabang – Malam penutupan acara naik dango ke-38 di Rumah Radakng Aya’ Ngabang Kabupaten Landak, Kalimantan Barat tahun 2023 di warnai euforia para pemenang lomba, Jumat (28/04/2023) malam.

Pada malam penutupan juga dilakukan penyerahan piala kepada para pemenang yang sebelumnya mengikuti berbagai lomba dalam rangkaian acara naik dango ke-38 ini.

Pada kesempatan tersebut Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Landak Heri Saman mengatakan bahwa naik dango tahun 2023 ini agak panjang rangkaian acaranya karena digabung dengan festival, hal ini sebagai salah satu ungkapan rasa syukur hasil panen yang diperoleh masyarakat.

“Walau sudah modern tapi nyatanya masih banyak peserta yang berpartisipasi dalam berbagai perlombaan yang digelar, ini bukti bahwa masyarakat dayak Kanayatn di tiga kabupaten masih memahami kultur dan adat istiadatnya,” ungkapnya.

Menurut Heri Saman yang juga Ketua DPRD Landak melalui acara naik dango ini dapat dilihat bahwa generasi muda masih kenal dengan berbagai permainan dan makanan tradisional dayak yang ditampilkan dalam perlombaan.

Terakhir dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pj. Bupati Landak dan jajaran atas segala perhatian sehingga rangkaian kegiatan naik dango terselenggara dengan lancar.

“Selain itu saya juga ucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Panitia dan jajaran panitia telah mensukseskan kegiatan ini sehingga terselenggara dengan baik lancar,” ucap Heri.

Pj. Bupati Landak Samuel dalam sambutannya sekaligus menutup acara mengatakan dirinya sangat senang dan berbahagia karena seluruh kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya berikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja yang baik semua pihak terutama dari DAD Kabupaten Landak jajaran, serta Ketua Panitia dan seluruh jajaran yang telah begitu semangat mengemas rangkaian acara naik dango mulai dari persiapan hingga festival, lomba dan ritual bisa berjalan baik lancar,” ujarnya.

Samuel berharap kepadanya apa yang telah dilakukan pada acara naik dango ke-38 ini bisa jadi pedoman pada kegiatan naik dango berikutnya.

“Kita harapkan kerja sama yang baik ini bisa terus terjalin sehingga kita tetap bisa menjaga dan melestarikan budaya kita,” harap Pj. Bupati.

Selain itu Samuel berpesan kepada kontingen yang akan kembali ke tempatnya masing-masing agar sampai pada tempatnya masing-masing dengan selamat.

“Sampai bertemu lagi di naik dango ke-39 tahun depan di mana Kabupaten Mempawah tepat di Kecamatan Toho yang akan menjadi tuan rumah,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan piala kepada para pemenang dimana Kecamatan Ngabang keluar sebagai juara umum pada naik dango ke-38 tahun 2023 di Kabupaten Landak.

Turut hadir dalam penutupan naik dango ke-38 Kapolres Landak, perwakilan Kodim 1201, Anggota DPRD Landak, Pimpinan OPD Landak, Ketua Panitia dan jajaran, para kontingen serta ratusan penonton.

Berikut daftar para pemenang dalam acara naik dango ke-38 di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak tahun 2023 :

 

– Lomba Pawai Budaya dan Ngantat Panompo’

1. Kecamatan Ngabang

2. Kecamatan Menjalin

3. kecamatan Sengah Temila

 

– Lomba Dara Edo’

1. Kecamatan Sompak

2. Kecamatan Jelimpo

3. Kecamatan Menjalin

 

– Lomba Bujang Tarigas

1. Kecamatan Menyuke

2. Kecamatan Kuala Behe

3. Kecamatan Sompak

 

– Lomba Barenyah Babaro Putra

1. Kecamatan Jelimpo

2. Kecamatan Sungai Raya

3. Kecamatan Air Besar

 

– Lomba Barenyah Babaro Putri

1. Kecamatan Ngabang

2. Kecamatan Sungai Raya

3. Kecamatan Sengah Temila

 

– Lomba Tari Congker Pilanuk

1. Kecamatan Ngabang

2. Kecamatan Sengah Temila

3. Kecamatan Toho

 

 

Penulis : Tullahwi

Editor : Sahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *