Tolak Bala dan Syukuran, Masyarakat Desa Serimbu Adakan Sedekah Kampung

Tradisi Tahunan, Masyarakat Desa Serimbu Adakan Sedekah Kampung
Suasana Sedekah Kampung di Dusun Serimbu

Majalahmataborneonews.com, Air Besar – Masyarakat Desa Serimbu Kecamatan Air Besar menggelar acara sedekah kampung dengan cara makan bersama (saprahan), Jumat (17/09/2021).

Kegiatan yang digelar setiap tahun tersebut digelar di beberapa titik di antaranya Dusun Serimbu dan Halaman Masjid Nurul Yaqin Dusun Jalan Iyong untuk menghindari kerumunan.

Sebelum makan bersama terlebih dahulu diawali dengan doa syukur dan doa tolak bala bersama.

Kepala Desa Serimbu Suharno bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama yang diumumkan/ melalui pengurus Masjid dan Surau setempat yang ada di Desa Serimbu Kecantikan Air Besar.

“Sedekah kampung ini dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 10 Bulan Sapar tahun Islam,” ungkapnya.

Kades Serimbu menjelaskan tradisi ini dilakukan setiap tahun semacam ucapan syukur masyarakat Serimbu yang tinggal atas berkah hasil panen yang didapat pada tahun ini.

Tradisi Tahunan, Masyarakat Desa Serimbu Adakan Sedekah Kampung
Suasana Sedekah Kampung di Dusun Jalan Iyong Halaman Masjid Nurul Yaqin

“Dalam satu tahun ini artinya masyarakat itu berhasil dan rejekinya dikumpul untuk makan bersama-sama,” jelasnya.

Kades menambahkan rata-rata masyarakat di Desa Serimbu ini adalah petani dan petani sawit yang saat ini meningkat hasilnya.

Bhabinkamtibmas Desa Serimbu Kecamatan Air Besar Bripka Wahyudin Lubis yang turut hadir menyampaikan bahwa kegiatan sedekah kampung ini adalah salah satu tradisi masyarakat Desa Serimbu yang dilaksanakan setahun sekali.

“Tujuannya untuk menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat pada tahun ini,” ucapnya.

Selaku Bhabinkamtibmas Serimbu Kecamatan Air Besar, Bripka Wahyudin Lubis juga mengingatkan kepada warganya untuk tetap mematuhi Prokes dimasa Covid-19 dan tetap memakai masker.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *