TMMD ke-112 Digelar, Ini Jadwalnya

Majalahmataborneonews.com, Kubu Raya  – Sinergi dengan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya untuk membangun negeri, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

TMMD ke-112 secara resmi dibuka pada hari ini. Untuk di wilayah Kodam XII/Tpr dilaksanakan di tiga sasaran, diantaranya di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalbar oleh Kodim 1203/Ktp, Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang oleh Kodim 1205/Stg dan di Kelurahan Kampuri, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas yang dilaksanakan oleh Kodim 1016/Plk.

TMMD kali ini menyasar pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik di Desa Riam Bunut, Satgas TMMD akan melaksanakan rehab RLTH 1 unit, pembangunan jalan Rabat Beton 1 KM, pembangunan gorong-gorong 2 buah, pembangunan Pos Kamling 1 unit, pemasangan instalasi lampu penerangan jalan 10 Unit dan rehab TPA 1 Unit, dan di Desa Ampar Bedang Satgas TMMD akan membangun badan jalan sepanjang 6 KM, pembuatan jembatan sebanyak 2 unit, pembangunan drainase sepanjang 4 KM dan pembangunan gorong-gorong sebanyak 6 titik.

Sedangkan di Kelurahan Kampuri akan membuka badan jalan utama sepanjang 4.5 KM. Kemudian pembangunan pos Kamling Kampuri, pembangunan/peningkatan/finishing rumah Ibadah (Masjid dan Gereja).

Untuk pembangunan non fisik Satgas TMMD akan melakukan penyuluhan dan kegiatan sosial kepada masyarakat di lokasi TMMD. Seperti penyuluhan Stunting, KB kesehatan, pertanian, hukum dan kamtibmas, Narkoba, Karhulta, wawasan kebangsaan, vaksinasi dan pengobatan gratis.

Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari menyampaikan, TMMD ke-112 kali ini mengambil tema, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Pelaksanaan TMMD melibatkan unsur TNI-Polri, Pemda dan komponen bangsa lainnya.

“TMMD akan dilaksanakan selama sebulan kedepan. Satgas TMMD bersama masyarakat secara gotongroyong akan melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik untuk mempercepat pembangunan wilayah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya pada Rabu, 15 September 2021.

Selain untuk membangun wilayah, dia bilang melalui kegiatan ini Kodam XII/Tpr juga ingin menggugah semangat gotongroyong kepada masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat mampu dengan mandiri untuk membangun daerahnya sendiri.

“Melalui TMMD kita merangsang masyarakat untuk dapat memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan serta sumbangan tenaga dan ketrampilannya untuk ikut serta dalam membangun wilayah,” kata Hendra Purwanasari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *