Kisah Roding, Puluhan Tahun Terpasung di Pondok Berukuran 1×1 Meter

Kisah Roding, Puluhan Tahun Terpasung di Pondok Berukuran 1x1
Kondisi Roding yang Hidup Puluhan Tahun Dalam Pasungan

Majalahmataborneonews.com, Meranti – Di Dusun Bansal Kelampai Desa Kelampai Setolo Kecamatan Meranti Kabupaten Landak ditemukan kembali Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terpasung di belakang rumahnya.

ODGJ yang terpasung tersebut bernama Roding yang mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2000 dan menurut keluarganya selama ini belum pernah sama sekali berobat ke rumah sakit jiwa.

Roding ditempatkan oleh orangtuanya yang bernama Sinang, menurut orangtuanya itu Roding sudah belasan tahun di belakang rumahnya dikarenakan Roding sering telanjang di perkampungan sehingga keluarga merasa Roding perlu dipasung.

“Ia dipasung oleh orangtuanya di sebuah pondok kecil yang berukuran sekitar 1×1 meter,” ungkap orangtuanya.

Mendengar hal tersebut, Camat Meranti Elly Kornelia, berserta satu orang Staf, Bhabinkamtibmas Polsek Meranti Bripka Sutrisno, Petugas Puskesmas Meranti dr. Raymond Rheza dan Priyanto, Kadus Bansal Kelampai Ekanida mendatangi rumah Sinang untuk berkoordinasi terkait penanganan ODGJ Roding, Jumat (10/09/2021).

Dari hasil kesepakatan antara keluarga ODGJ Roding dengan pihak Puskesmas yang disaksikan Forkopimcam dan perangkat Desa Kelampai Setolo bahwa ODGJ Roding akan diantar ke RSJ. Bodok Singkawang untuk berobat, dan pihak Desa serta keluarga akan menyiapkan administrasi data diri ODGJ Roding terlebih dahulu.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *