Menolak Dirawat, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Mempawah Hulu Terpaksa Dijemput

Menolak Dirawat, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Mempawah Hulu Terpaksa Dijemput
Proses Penjemputan Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Mempawah Hulu

Majalahmataborneonews.com, Mempawah Hulu – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Menjalin melaksanakan penjemputan terhadap warga Dusun Gadu Karya Desa Sungai Laki, Kecamatan Mempawah Hulu, yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani rapid test dan swab antigen, Minggu (18/07/2021).

Pasien tersebut berinisial (MA) yang berada di Desa Sungai Laki, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

Pasien sebelumnya datang ke Puskesmas Karangan untuk berobat karena mengalami demam dan sesak napas, pasien memang memiliki gejala penyakit jantung. Setelah diperiksa dan swab antigen oleh hasilnya menunjukan positif Covid-19.

Namun pihak keluarga yaitu istri pasien tidak terima kalau suaminya divonis positif Covid-19, dan menolak dirawat di Puskesmas atau RSUD Landak bahkan memaksa meminta pulang.

Menurut Kepala Puskesmas Mempawah Hulu Marta Rahayu khawatir akan menyebarkan Covid-19 pasien terpaksa dijemput dan dirujuk ke RSUD Landak untuk diberikan perawatan.

“Dalam proses penjemputan kami dibantu Koramil dan Polsek, Kepala Desa, dan seluruh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Menjalin,” ungkapnya.

Personil Koramil, Polsek dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Mempawah Hulu, langsung bergerak cepat untuk menjemput warga tersebut.

Anggota Babinsa Koramil Mempawah Hulu Serma Andur yang turut mendampingi proses penjemputan, menyampaikan nantinya pasien yang positif Covid-19 ini akan dirawat dan diisolasi secara terpusat.

“Agar pasien dapat segera sembuh, selain itu juga karantina tersebut bertujuan untuk mencegah penularan ke sesama warga,” tuturnya.

Dia menambahkan Setelah kejadian ini akan melakukan kordinasi dengan satgas Covid-19 di Desa untuk melaksanakan penyemprotan dan pendataan warga yang kontak langsung dengan pasien.

“Sekaligus mengimbau agar warga selalu waspada terhadap Covid-19 dan mentaati protokol kesehatan,” tutupnya.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *