Beberapa Desa di Kecamatan Kayan Hilir Terendam Banjir

Majalahmataborneonews.com Sintang-
Intensitas curah hujan beberapa hari terakhir menyebabkan luapan Sungai Inggar dan Sungai Geni’k, beberapa Desa di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Kalimantan Barat terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata setengah hingga dua meter, aktivitas masyarakat terdampak lumpuh total.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir Sadikin mengatakan Desa yang berada di aliran Sungai Inggar dan Sungai Geni’k rata-rata telah terendam banjir diantaranya Desa Sungai Buaya, Melingkat, Pelaik, Tanjung Putar, Kempas Raya, Nanga Tikan, Desa Pakak, Neran Baya, Nyangkom dan Desa Tunguk, untuk itu Sadikin mengintruksikan kepada seluruh Kepala Desa di Kecamatan Kayan Hilir terutama yang berada di aliran Sungai Kayan, Sungai Inggar dan Sungai Geni’k untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Dalam dua hari ini siang malam hujan terus, luapan Sungai Kayan mengaliri Sungai Inggar dan Sungai Geni’k menyebabkan Desa yang berada di aliran Sungai ini sudah terendam banjir,” ujar Sadikin, Rabu (14/7/2021).

Dihubungi salah satu masyarakat Desa Pakak Hendrianus mengatakan pertama kalinya Desa Pakak terendam banjir hingga ada yang mencapai dua meter, sekitar tiga ratus rumah di Desa ini terendam banjir, ada yang sudah mengungsi ke rumah sanak saudara.

“Hari ini kami belum bisa bekerja karena masyarakat disini masih bergotong royong mengamankan barang penting di rumah, ada yang mengungsi ke rumah tetangga, untuk obat dan makanan masih ada,” kata Hendrianus.

Sementara itu Kasi Pemerintahan Desa Mekar Mandiri Aloisius mengatakan pihaknya telah mengintruksikan kepada warga di Desa ini untuk waspada banjir mengingat curah hujan masih cukup tinggi.

“Di Dusun belimbing airnya sudah mulai masuk, memang Daerah aliran Sungai biasa terjadi banjir setiap tahun ketika curah hujan tinggi, namun masyarakat tetap selalu waspada,” kata Aloisius.

Beberapa Desa di sekitar Desa Mekar Mandiri yang berada di wilayah aliran Sungai Kayan lanjut Aloisius yaitu Desa Mentunai, Engkerangan, Nanga Lidau, Natai Tebedak, Desa Bindu dan Desa Jambu.

Terpisah Kabid Kegawat Daruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Sugiyanto yang dihubungi media ini menyatakan ada beberapa desa yang terendam banjir setelah diguyur hujan beberapa hari ini.

“Dari informasi yang saya terima melalui whatsapp ada beberapa Desa yang sudah terendam , yaitu
Desa Sungai Buaya, Neran Baya, Melingkat, Kempas Raya, Buluk Panjang, Pelaik, Tj. Putar, Nyangkom, Tuguk, Neran Baya, Landau Beringin, Kecamatan Kayan Hilir untuk laporan tertulis belum ada,” katanya.

Ditambahkanya memang sejumlah desa yang terendam banjir tersebut langganan banjir di setiap tahunya.

“Memang langganan banjir tiap tahun daerah itu,”katanya.

Tindak lanjut dari banjir tersebut pihaknya akan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang diketuai oleh Sekretaris TRC yakni Warsono.

“Besok pagi saya tugaskan tim reaksi cepat yang diketuai oleh Sekretaris TRC bapak warsono ,untuk mendirikan dapur umum atau tenda pengungsian kita buatkan besok ,mungkin tim bantuan yang akan menyusul besok,”pungkasnya.(sus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *