Politisi Perindo DPRD Landak Raih Gelar Sarjana Hukum di Universitas Terbuka (UT), Rudi : Generasi Muda Harus Semangat Menimba Ilmu Hingga ke Jenjang Perguruan Tinggi

Majalahmataborneonews.com, Landak – Di tengah kesibukannya sebagai seorang politisi dan pebisnis, tak menyurutkan semangatnya dalam urusan pendidikan. Hal ini dibuktikannya dengan menyelesaikan pendidikan strata satu (S-1) di program studi Ilmu Hukum  Universitas Terbuka (UT) dalam kurun waktu  4,5 Tahun.  Dan kini tentunya ia berhak menyandang gelar sarjana hukum di belakang namanya, Rudi, SH.

Dikisahkan oleh Rudi, bahwa keinginannya untuk meraih gelar sarjana tidaklah segampang membalik telapak tangan, tetapi butuh kemauan untuk belajar, apalagi dalam situasinya yang telah berkeluarga dan bekerja,. Tentunya membagi waktu untuk membolak-balik buku mata kuliah perlu niat dan usaha yang kuat, dan Ia berhasil melewati tantangan itu.

“ Yang paling penting itu niat dan kemauan. Kalau kita memang memiliki kemauan yang kuat untuk bersekolah pasti bisa. Masalah biaya dan waktu, bukanlah persoalan saat ini. Di Universitas Terbuka (UT) biayanya relative murah dan waktu perkuliahannya pun pada hari Sabtu dan Minggu saja, jadi tidak mengganggu waktu kerja kita yang bekerja pada Senin s/d Jumat. Sedangkan untuk biaya, saya hanya membayar  Satu Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah (Rp. 1.750.000,-)/Semesternya sudah termasuk dengan buku Paket. Cukup murah, dan terjangkau untuk semua kalangan” ujar Rudi.

“Bahkan jika tidak sempat untuk tatap muka di kelas pada Sabtu – Minggu, UT juga menyediakan kelas Online secara mandiri. Jadi teman-teman bisa kuliah secara daring pakai HP. Jadi jaman sekarang untuk kuliah itu gampang, asal mau saja. Karena itu saya berharap generasi muda harus semangat kuliah, masa kalah sama  saya ” lanjut Rudi bersemangat.

Rudi, SH saat ini merupakan politisi dari Partai Perindo yang masih aktif sebagai anggota DPRD kabupaten Landak dari Dapil 5, kecamatan Kuala Behe dan Kecamatan Air Besar. Di Dapil pemilihannya Ia tak segan-segan juga memberikan masukkan kepada anak-anak yang telah lulus SMA dan kesulitan biaya untuk melanjutkan kuliah melalui Universitas Terbuka (UT).

“ Kalau mereka kuliah di UT, biayanya mereka bisa cari sendiri, bisa menyadap karet, berkebun Sawit atau kerja lainnya”  ujar Rudi.

Rudi juga menjelaskan, bahwa semasa perkuliahannya di Universitas Terbuka, Ia bersama ke 24 teman-temannya mengambil program Sipas TTM (system paket tatap muka) dan tergabung di Pokjar Plato – Landak, UPBJJ – Pontianak.

“ Waktu kuliah di UT, saya ambil program studi Ilmu Hukum dengan sistem paket tatap muka, pada hari Sabtu dan Minggu, Persemester 8 kali pertemuan untuk setiap mata kuliah. Kita dibimbing oleh para Tutor/Dosen yang memang praktisi di bidangnya. Seingat saya ada beberapa dari Kejaksaan, Hakim, Advokat dan Kepolisian, selain itu mereka berlatar belakang Ilmu Hukum dan telah Magister. Jadi cukup memuaskan dari segi ilmu, tidak hanya teori hukum tetapi juga aplikasinya” ujar Rudi.

“ Jadi intinya tetap semangat meraih pendidikan, yang penting punya niat kuat dan mau berusaha dan belajar. Dengan pendidikan yang baik tentunya kita akan merasa siap untuk bersaing dan menjadi tuan di tanah kita sendiri “ lanjut Rudi, menutup bincang-bincang santai di secretariat Pokjar Plato Landak, Ngabang – Pontianak, Minggu (11/7/2021). /Sht

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *