Antusias Warga Perbatasan Indonesia-Malaysia Divaksinasi Covid-19

Majalahmataborneonews.com, Sambas – Pada Minggu (11/7/2021) masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia datang kesuatu tempat. Kedatangan mereka bukan tanpa sebab. Ini karena, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bekerjasama dengan Puskesmas Sajingan menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sajingan, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan vaksinasi massal personel kesehatan dari Pos Koki Sajingan Terpadu bersama petugas kesehatan Puskesmas Sajingan menjadi vaksinator. Kegiatan vaksinasi dosis pertama mendapatkan antusias penuh dari masyarakat sekitar.

“Ini terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang datang tidak hanya dari kalangan orang tua, tetapi juga dari anak muda yang berumur 18 tahun ke atas,” kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti, Letnan Kolonel Infanteri Hendro Wicaksono.

Mengatasi Kesulitan Rakyat

Dia menjelaskan, selain melaksanakan tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan darat Indonesia-Malaysia dari ancaman-ancaman kedaulatan negara baik dari luar maupun dari dalam negeri. Satgas Pamtas juga ikut serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat perbatasan.

“Sesuai dengan point ke 8 dari 8 Wajib TNI yakni menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” ujarnya.

Proses Vaksinasi Covid-19

Komandan SSK I Koki Sajingan Lettu Infanteri Freely menyampaikan, salah satu kemampuan dari personel kesehatannya sebagai anggota Satgas Pamtas adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Termasuk proses vaksinasi Covid-19 sesuai dengan program Pemerintah.  Kami berharap hal ini mampu diterapkan di tengah masyarakat bekerja sama dengan instansi kesehatan yang ada di daerah binaan,” katanya.

Keterbatasan Personel Puskesmas Sajingan

Sedangkan dokter Puskesmas Sajingan dr Kristin Li Idilona mengatakan, kegiatan vaksin ini diharapkan mampu meminimalisir dampak dari Covid-19. Fungsi dari vaksin itu ini adalah membentuk sistem kekebalan tubuh, dengan vaksin tubuh akan mengenali dan mampu melawan saat terkena virus

“Kami bersyukur dan berterima kasih didampingi oleh personel Satgas Pamtas dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19. Ini karena keterbatasan personel Puskesmas Sajingan, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan tanpa kendala,” kata dr Kristin Li Idilona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *