Masih Penelitian Kelayakan, Pembangunan PLTN di Bengkayang Disambut Baik

Majalahmataborneonews.com, Bengkayang – Organisasi Pemuda Dayak yang saat ini di pimpin oleh Lipus, S.Pd menyambut baik dengan wacana dibangunnya PLTN di Pantai Gosong, Kabupaten Bengkayang. Lipus saat diwawancarai bertepatan dengan Focus Discussion Group (FGD) yang dilaksanakan oleh pihak BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) menyampaikan dukungannya apabila jadi dibangun PLTN di wilayah Kabupaten Bengkayang.

“Ini (PLTN,-red) masih sedang dikaji ya, menurut pihak BATAN dan memerlukan waktu yang panjang apakah jadi dibangun atau tidak. Oleh karena itu kami dari Pemuda Dayak untuk mengawal hal ini, dan ini merupakan suatu program nasional. Kami pada initinya mengacu pada pemerintah pusat, kalau siap dibangun di Pantai Gosong kami mengikuti (setuju,-red),” ujarnya.

Menyoroti tenaga kerja apabila terlaksana pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang, Lipus berharap dapat memberdayakan masyarakat setempat dalam pembangunannya.

Pihak BATAN, Mujiono, yang bertugas melaksanakan riset/penelitian uji kelayakan lokasi pembanguan PLTN menjelaskan studi yang dilakukan pihak mereka (BATAN) untuk memastikan lokasi yang tepat untuk dibangun PLTN.

“Jadi kita masih melakukan riset kelayakan apakah layak atau tidak. Ada 14 aspek, ada Tapak dan ada non Tapak. Tapak itu seperti aspek geologinya, aspek kegunug apiannya, aspek kegempaannya, aspek meteorologi, aspek demografi, aspek geoteknik, aspek KAUM (Kejadian Akibat Ulah Manusia), aspek guna tanah dan lahan.

Ada lagi aspek keekonomian, dan seterusnya yang dipastikan PLTN itu layak dibangun di sini. Dan kalau sudah pasti maka akan dibangun, tapi yang bangun bukan BATAN tapi pihak pemerintah melalui BUMN atau Swasta. Jadi BATAN melakukan studi dan diserahkan kepada pemerintah, dan pemerintah yang memutuskan dibangun di sini karena ada manfaatnya. Layak tidak layak akan disampaikan kepada pemerintah,” jelas Mujiono.

Penulis : Mus

Editor   : Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *