Babinsa Koramil Sengah Temila Terus Jalin Hubungan dengan Poktan

Babinsa Koramil Sengah Temila Terus Jalin Hubungan dengan Poktan
Babinsa Koramil Sengah Temila saat Berdialog dengan Para Petani

Majalahmataborneonews.com, Sengah Temila – TNI AD terus membangun kemanunggalan dengan rakyat di tengah pandemi Covid-19 Koramil 1201-09/Sengah Temila tetap memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada para petani untuk menanam padi dalam mencapai swasembada pangan.

Peran serta TNI dalam upaya swasembada pangan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015. Menteri Pertanian menggandeng TNI dalam rangka mendukung upaya khusus swasembada pangan tahun 2017.

Penandatangan MoU Kementan dan TNI ini dilakukan pada 8 Januari 2015 silam antara Menteri Pertanian RI dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang saat itu dijabat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Penyuluhan kepada para petani untuk menunjang sarana pertanian dikuatkan melalui bantuan pengadaan traktor, subsidi pupuk, dan pengadaan bibit dan tenaga edukasi dari Koramil melalui Babinsa.

Selain itu, TNI juga berperan dalam pendampingan atau pengawalan petani serta penyediaan dan distribusi produk melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Untuk wilayah Sengah Temila, menurut Danramil Sengah Temila, Letda Arm. Suwandi, peran Babinsa dimaksimalkan untuk menguatkan ketahanan pangan.

“Babinsa berperan penting dalam pembinaan kelompok tani (Poktan) yang ada di desa binaannya untuk mencapai ketahanan pangan nasional,” kata Letda Arm. Suwandi, Selasa (01/06/2021).

Dikatakan, Babinsa berperan dalam memberi kontribusi terhadap sektor pertanian sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, dinamisator dan inovator bagi kelompok tani di lapangan serta bisa memainkan cangkul dan traktor pengolah sawah.

“Koramil Sengah Temila melalui peran Babinsa senantiasa aktif turun ke sawah dan ladang serta berkomunikasi dengan petani tentang hambatan dan kebutuhan mereka seperti pengadaan Alsintan (alat dan instalasi pertanian) dan pupuk serta upaya-upaya yang harus ditempuh,” jelas Danramil.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *