Ini Cara Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Majalahmataborneonews.com, Kubu Raya – Kantor Hukum Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura  lokasinya berada di Jalan Adi Sucipto Km 6,5 Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu  Raya , Kalimantan Barat.  Tidak jauh dari kantor itu ada  pertambakan ikan lele.

Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XII/Tanjungpura Kolonel Chk Harri Farid Zauhari menyebut tambak ikan lele dikelola  oleh Sertu Sutarno yang merupakan personelnya. Itu dilakukan demi ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19.

“Tambak ini ikan lele juga supaya memberikan motivasi kepada anggota dan masyarat sekitar supaya dalam situasi pandemi ini dapat membantu penghasilan atau perekonomian yang terpuruk akibat COVID-19,” kata Kolonel Chk Harri Farid Zauhari pada Minggu (30/5/2021).

Pria yang memiliki tiga bunga di pundaknya itu menjelaskan,  selain membantu tentang perekonomian pertambakan yang dilakukan Kumdam XII/Tanjungpura ini supaya menjadikan inspirasi pemberdayaan lingkungan sekitar di sana.

“Rumah menjadi lahan yang produktif oleh masyarakat,” ucapnya seraya menambahkan dan merinci jumlah pertambakan kurang lebih 30 jaring. Setiap jaring terdiri dari 500 sampai dengan 1000 ekor ikan lele.

“Pemberian makan lele dilakaukan pada waktu pagi sampai siang. Setiap kali panen bisa sekitar 100  sampai 120 kilo gram per jaringnya,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *