Warga Desa Saham Sengah Temila Gelar  Ritual Nabok Panyugu

Warga Desa Saham Sengah Temila Gelar  Ritual Nabok Panyugu
Prosesi Ritual Adat Nabok Panyugu di Desa Saham

Majalahmataborneonews.com, Sengah Temila – Tepatnya di Panyugu Dusun Pate Desa Saham Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah dilaksanakan kegiatan ritual adat berpantang (lala) binua, Jumat, (28/05/2021).

Dalam kegiatan ritual tersebut hadir Camat Sengah Temila Ericanes Panjuga., Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel, Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto, Dewan Adat Dayak Kecamatan Ngabang, Kades Saham Musmulyadi, Timanggong Binua Samahung Raya FX. Iloei, Pengurus Adat Dusun Pate, Pemuda Dusun Pate, dan masyarakat Sekitar.

Kegiatan ritual adat nabok panyugu ini guna melaksanakan pembukaan dat pantang (Balala) yang akan di aksanakan oleh masyarakat Desa Saham selama tiga hari, mulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2021.

Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto yang akrab dipanggil Beben mengatakan barang siapa yang melanggar akan diberikan sangsi adat, sesuai dengan adat istiadat pantang (lala) binua.

“Kepada seluruh masyarakat Desa Saham agar dapat mematuhi ritual adat istiadat berpantang seperti bersiul, berkelahi, membunuh hewan, berjualan daging maupun sayur mayur, dan menebang pohon,” imbau Beben.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel mengatakan bahwa kegiatan adat berpantang (lala) untuk Desa Saham dilaksanakan setiap tahun guna meminta kepada Jubata agar diberikan keselamatan dan kesehatan serta untuk pencegahan wabah Covid-19.

Selain itu, Kapolsek juga berharap kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum selama masa berpantang.

“Jangan sampai ada yang merusak serta mengotori kegiatan adat istiadat yang sakral tersebut dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang banyak,” tegas Kapolsek.

“Mari kita lestarikan dan menjunjung tinggi adat istiadat pantang (lala) binua ini yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita,” tutupnya.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *