Tak Ada Aktivitas Selama Pelaksanaan Ritual Adat Balala’ di Menjalin

Tak Aktivitas Selama Pelaksanaan Ritual Adat Balala' di Menjalin
Suasana di Salah Satu Ruas Jalan di Kecamatan Menjalin

Majalahmataborneonews.com, Menjalin – Babinsa Koramil 1201-06/Menjalin, Serda Winoto melakukan pemantauan situasi saat pelaksanaan adat balala’ di wilayah Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Kamis (27/5/2021).

Winoto mengatakan, hingga pukul 09;00 WIB pasar serta jalan terpantau lengang, tidak ada satupun rumah warga ataupun warung serta toko yang buka.

“Hanya Kantor Koramil, Polsek dan Puskesmas yang buka, Karena tiga instansi tersebut adalah pelayan masyarakat yang siaga, bahkan perbankan dan SPBU pun ikut tutup,” jelas Babinsa.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pelestarian Adat Dan Budaya (KPADB) Kecamatan Menjalin, Yuno mengatakan bahwa balala’ merupakan ritual adat yang religius, karena bertujuan mengajak orang untuk melakukan introspeksi dan merenungkan kembali segala yang telah dibuat demi kebaikan di hari depan.

“Di dalam kegiatan ini juga ada unsur tolak bala yang fungsinya meredam kejadian-kejadian yang dapat mengganggu kehidupan manusia dan diyakini bisa menjauhkan segala bentuk malapetaka serta marabahaya. Sehingga masyarakat ikut andil dan mengikuti semua aturan dalam pelaksanaan balala’ ini,” tutup Yuno.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *