Tak Bosan, Bhabinkamtibmas Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Majalahmataborneonews.com, Mandor – Tak kenal bosan dan pantang menyerah, mungkin kalimat itulah yang paling tepat menggambarkan kegigihan dan dan sepak terjang para personil polisi yang bertugas di kesatuan Polres Landak dalam upaya memerangi dan mencegah serta memutus mata rantai penyebaran pandemik virus Covid-19 yang masih bercokol dan terus memakan korban hingga saat ini.

Apalagi situasi terkini, Rabu (19/5/2021) wilayah kabupaten Landak masih berada dalam zona merah. Tercatat  pada (17/5/2021) ada 355 kasus aktif/isolasi, meninggal 34 orang, sembuh 1189. Dan setiap harinya selalu ada penambahan kasus positif, data Dinkes Provinsi Kalbar, pada Selasa (18/5/2021) kemarin,  ada penambahan 10 kasus positif untuk kabupaten Landak.

Dengan situasi dan kondisi yang masih dihantui oleh virus tak kasat mata, Pemerintah Daerah pun telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk wilayah  kabupaten Landak guna menghentikan penularan Covid-19.

Karena itu, upaya yang dilakukan oleh anggota polisi mencegah penularan melalui operasi yustisi guna menegakkan kedisiplinan warga dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi keniscayaan saat ini. Demikian juga upaya pencegahan melalui sosialisasi, himbauan serta ajakan kepada warga untuk selalu disiplin menerapkan protocol kesehatan sebagai bagian dari keseharian menjadi sangat penting untuk saat ini dan nanti, jika ingin terbebas dari penularan virus Covid-19.

Mengingatkan warga binaannya untuk selalu mematuhi protocol kesehatan, itulah yang selalu dilakukan oleh para anggota Polisi, khususnya para anggota yang menjadi Bhabinkamtibmas. Dan memang, para Bhabinkamtibmas inilah yang tugas pokoknya langsung membaur dengan warga desa dimana Ia ditugaskan.

Bripka Sadrak adalah salah satu contoh dari Bhabinkamtibmas yang kesehariannya ketika melaksanakan tugasnya, yaitu berpatroli selalu menyapa dan mengingatkan para warga untuk mematuhi protoko kesehatan. Tiada kata bosan, karena Sadrak paham betul bahwa mengingatkan setiap warga bukan hanya sekedar menjalankan tugas semata, tetapi lebih dari itu, yaitu menyadarkan warga agar tercipta kebiasaan baru untuk selalu melakukan prokes yang dianjurkan, yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

“Setiap ketemu warga, saya memang selalu mengingatkan untuk selalu menerapkan apa yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Mencegah tentunya lebih penting, jangan sampai warga yang lengah dan abai, karena akan berdampak tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan sekitar kita” ujar Sadrak.

Seperti pada hari Senin (17/05/2021) lalu, Bripka Sadrak yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Mandor, di sela-sela tugas rutinnya, menyempatkan diri menemui Ibu Ida Royani yang sedang berjalan ke luar rumah tanpa Masker, di desa Kayu Tanam, kecamatan Mandor kabupaten Landak.

Kepada Ibu Ida Royani, Bripka Sadrak memberikan masker serta mengingatkan dengan bahasa yang ramah agar selalu menggunakan masker bila berpergian. Pada kesempatan tersebut, Bripka Sadrak juga menjelaskan manfaat dari menggunakan masker serta hal lainnya dalam protok kesehatan yang harus selalu dilakukan agar terhindar dari penularan Covud-19.

Pak Polisi yang ramah ini juga mengingatkan si Ibu Ida, tentang adanya peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan yang harus ditaati oleh warga, yaitu Peraturan Bupati Landak Nomor 41 tahun 2021.

Sebelum meninggalkan si Ibu, tak lupa Bripka Sadrak mengeluarkan selembar kertas berisi himbauan dari Kapolres yang berisikan arahan untuk menaati protokol kesehatan. Serta berpesan agar kertas tersebut ditempel di tempat yang sekiranya bisa dilihat oleh keluarga serta tetangga, sebagai pengingat untuk mematuhi prokes.

Tak hanya menemui ibu Ida Royani, di hari yang sama, Bripka Sadrak juga menemui warga lainnya di desa binaannya, yaitu Dalena. Kembali Ia menyampaikan himbuan serta mengingatkan mematuhi prokes, serta turut mengingatkan tentang prokes kepada keluarga dan tetangga yang mungkin lupa atau  lalai.

“Mohon juga bantuannya untuk mengingatkan kepada sanak family, tetangga yang mungkin lupa dalam kesehariannya, seperti lupa pakai masker, lupa menjaga jarak, masih ngumpu ramai-ramai. Agar kita terhindar dari penularan” ujar Sadrak.

Seperti itulah keseharian Bripka Sadrak selaku  Bhabinkamtibmas, tiada hari tanpa sosialisasi protokol kesehatan. Dari anak-anak, remaja, ibu-ibu rumah tangga, para kepala keluarga, Kepala desa, perangkat desa, Timanggong Adat, Pasirah Adat tak luput dari ajakannya untuk mematuhi Prokes dengan 5Mnya.

“Patuhi protokol kesehatan, Ingat 5M; Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi” ujarnya seraya tersenyum sumriah penuh semangat ala aparat Kepolisian.

Penulis : Delvis

Disadur kembali oleh : Sahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *