Antisipasi Keramaian, Tempat Wisata di Air Besar Sementara Waktu Ditutup

Antisipasi Keramaian, Tempat Wisata di Air Besar Sementara Waktu Ditutup
Beberapa Tempat Wisata di Kecamatan Air Besar yang Telah Ditutup Sementara

Majalahmataborneonews.com, Air Besar – Jelang libur dan cuti hari raya idul fitri sejumlah tempat wisata alam di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak ditutup sementara waktu untuk mengantisipasi kerumunan pengunjung, Sabtu (08/05/2021).

Kecamatan Air Besar yang terkenal banyak memiliki tempat wisata alam ikonik yang terkenal hingga keluar daerah, sehingga setiap musim liburan selalu dipenuhi oleh pengunjung baik warga lokal hingga warga luar daerah.

Menurut Camat Air Besar Muhammad Ivan Zulfisani penutupan tempat wisata ini berlaku untuk semua orang, yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Desa.

“Penutupan sementara ini sebagai wujud mengurangi keramaian dan mengurangi mobilitas,” ujarnya.

Ivan menjelaskan Desa yang telah menutup tempat wisata ini ada juga yang menjadi zona kuning, terdapat beberapa warganya yang terkonfirmasi.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga lingkungan agar aman COVID-19 dan ini berlaku sementara dalam penerapannya akan kami evaluasi,” jelas Camat.

Beberapa tempat wisata yang telah ditutup sementara waktu, lanjut Ivan yaitu Air Terjun Bedawan Desa Dange Aji, Air Tejun Dait Desa Sekendal, Air Terjun Terinting Desa Jambu, Gua Andu Desa Engkangin serta Air Terjun Manangar dan Ampar Jawa Desa Merayuh.

“Untuk sementara setidaknya penutupan hingga tanggal 17 Mei 2021 sesuai perpanjangan PPKM, sambil kami lakukan edukasi ke masyarakat sekitar tempat wisata mengenai penerapan prokes di tempat wisata,” tambahnya.

Dirinya juga khawatir ketika adanya kebijakan larangan mudik, masyarakat lokal akan menuju objek wisata setempat dan tidak mengetahui kondisi pengunjung nantinya apa.

“Kami berharap masyarakat bisa memahami kebijakan mengingat situasi pandemi COVID-19 saat ini yang belum usai ini tidak saja dilakukan oleh warga kami tetapi oleh orang lain yang akan ke wilayah kami,” tutup Camat Air Besar.

 

Penulis : Tullahwi

Editor : Sahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *