Wabup Hairiah Hadiri Pra Kongres Ke 5 JKPI Banda Aceh

Majalahmataborneonews.com, Banda Aceh-

Wakil Bupati Sambas, Hairiah, tiba di Banda Aceh dalam rangka menghadiri Pra Kongres ke-V JKPI ( Jaringan Kota Pusaka Indonesia) di Kantor Balai Kota Banda Aceh, Minggu 28 Maret 2021.

Hairiah, di sambut langsung oleh panitia ditandai dengan pengalungan syal khas Aceh. Selanjutnya, dia didampingi panitia penyelenggara, dengan menikmati kopi
dan hidangan khas Aceh di salah satu kedai kopi. Kemudian mengunjungi beberapa tempat yang khas di Banda Aceh seperti Museum PLTD Apung Punge Blang Cut, Museum Tsunami Aceh dan menikmati keindahan pantai Cermin Ulee Lheu dan melaksanakan ibadah sholat Zuhur di Masjid Raya Baiturrahman.

Selanjutnya, Hairiah pada malam hari bertempat di Pendopo Walikota Banda Aceh, menghadiri Malam Ramah Tamah bersama Bapak Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM beserta jajaran.

Hairiah melanjutkan menghadiri acara bertempat di Pendopo Balaikota Banda Aceh, Gala Dinner Peserta Pra Kongres ke – V JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia), Minggu 28 Maret 2021.

Gala dinner ini dihadiri oleh seluruh peserta JKPI yang terdiri dari 15 Kabupaten Kota, Forkopimda Kota Aceh dan undangan lainnya. Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustadz Mulyadi dilanjutkan dengan doa dan pemutaran video Budaya Banda Aceh.
Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman SE, Ak, MM mengucapkan selamat datang kepada peserta JKPI dan berharap seluruh peserta JKPI selama di Kota Banda Aceh dapat menikmati dan memanfaatkan keunikan yang ada di Banda Aceh dengan beberapa destinasi wisatanya serta kulinernya. Diakhir sambutannya, ia berharap semoga ke depannya JKPI akan semakin baik dan dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan Indonesia.
Kegiatan Gala Dinner diakhiri dengan pemberian cinderamata daerah dan foto bersama.

Kemudian di hari yang berbeda, Hairiah juga melanjutkan menghadiri Rapat Pra Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Aula Mawardi lantai 4 Gedung Kantor Walikota Banda Aceh, Senin 29 Maret 2021.

Rapat Pra Kongres kali ini mengusung tema “Pusaka Waktu”. Kegiatan ini dihadiri Ketua Presidium JKPI, Direktur
Eksekutif JKPI, Dewan Pakar JKPI, budayawan dan anggota JKPI dari 15 kota/kabupaten yakni Wakil Bupati Sambas, Walikota Bogor, Wakil Walikota Sabang, Bupati Siak, Wakil Bupati Buton, Wakil Walikota Malang, Wakil Walikota Sawahlunto, Wakil Walikota Bukit Tinggi, Wakil Walikota Kupang, Sekda Kota Ternate dan perwakilan Pekalongan. Hadir juga Wakil Walikota Banda Aceh beserta Forkopimda Kota Aceh.

Selaku tuan rumah, Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman SE, Ak,MM dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang di kota Aceh kepada seluruh peserta rapat Pra Kongres ke-V JKPI dan berharap sudah berkeliling dan mencicipi berbagai macam kuliner serta kopi khas Aceh.
Ia mengatakan bahwa tujuan adanya JKPI ini adalah dalam rangka melestarikan cagar budaya di Indonesia yang sangat beragam dan dapat menunjang di sektor pariwisata serta dapat mendorong sektor ekonomi.
“Seperti kita ketahui bersama di mana virus Covid 19 sangat berpengaruh hampir di semua lini, tidak terkecuali kota Banda Aceh” ujarnya.
Dia berharap dengan JKPI akan mendapatkan solusi bagaimana di tengah pandemi covid 19 kita mampu meningkatan kembali wisata budaya serta kuliner di daerah – daerah. Rapat Pra Kongres ke-V JKTI dibuka oleh Walikota Banda Aceh dengan pemukulan Rapai (alat musik pukul yang berasal dari Aceh).

Nanang Asparina selaku Direktur Eksekutif JKPI mengatakan bahwa Kota Aceh siap melaksanakan rapat Pra Kongres dengan standar yang tinggi dalam melaksanakan event besar, sehingga berharap saat
pelaksanaan yang akan datang di Bogor dapat lebihbesar sehingga diharapkan pariwisata di Indonesia berangsur-angsur akan bangkit.

Dia pun mengatakan bahwa tujuan dari JKPI adalah guna kemajuan kebudayaan dan warisan pusaka agar bisa dikelola dengan baik. Serta dapat mendorong pariwisata dan promosi budaya di masing-masing wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *