Satpol PP Landak Gelar Pelatihan Penangkapan Ular

Satpol PP Landak Gelar Pelatihan Penangkapan Ular
Suasana pelatihan penangkapan ular di kantor Satpol PP Landak

Majalahmataborneonews.com, Landak – Sebanyak 20 orang Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Landak menggelar pelatihan penangkapan ular di halaman Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Rabu (17/03/21).

Saat ditemui dalam pelatihan Kabid Pemadam Kebakaran Daniel mengatakan, selain mencegah dan memadamkan kebakaran, tugas pokok Damkar adalah menyelamatkan korban baik kebakaran maupun bencana lainnya.

“Selain memadamkan kebakaran kita juga ada tugas pokok lainnya yakni menyelamatkan korban. Nah, hari ini kita mengadakan pelatihan berupa pengenalan jenis ular, peralatan yang digunakan dan dan teknik penangkapan ular supaya petugas memiliki keahlian dan kompetensi dalam penyelamatan warga terhadap serangan ular,” ujar Daniel.

Meski dalam kenyataannya seorang petugas pemadam kebakaran juga harus berlatih melakukan tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran.

“Kita berharap setelah kegiatan ini supaya Bidang Damkar Satpol-PP Kabupaten Landak memiliki keterampilan dan keahlian dalam menangani serangan ular berbisa sehingga kehadiran kita dapat memberikan rasa aman di masyarakat,” tambahnya.

Ditempat terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Wibersono L. Djait mengatakan bahwa pelatihan tersebut merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh petugas dalam hal ini Bidang Pemadam Kebakaran mengingat kehadiran petugas sangat diperlukan bukan hanya saat terjadi kebakaran.

“Petugas ini (Damkar) memiliki banyak tugas pokok yang tidak semuanya berkaitan dengan api. Banyak diluar sana, mencegah bahaya yang bisa mengancam nyawa juga dilakukan. Lengkap dengan perlengkapan khusus, petugas harus naik untuk memindahkan sarang tawon. Karena jika tersengat tawon jenis ini, dapat mengakibatkan kematian bagi warga,” ucap Kasatpol-PP.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Landak dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Landak, karena ini merupakan tindakan sosial yang harus kita lakukan kepada masyarakat. Agar kedepannya Satpol PP terus hadir di masyarakat dan semakin menjadi aparatur yang melayani masyarakat dalam situasi apapun,” terang Karolin.

Sementara itu Minto salah satu warga yang menyaksikan kegiatan ini mengaku senang akan keberadaan Damkar Satpol-PP Kabupaten Landak, hal ini dikatakannya mengingat pemadam api sangat diperlukan di Kabupaten Landak.

“Untuk Kabupaten Landak terutama Pasar Ngabang bila hanya memiliki 1-2 pemadam kebakaran sepertinya kurang cukup. Kemudian kami harap mereka terus terampil walaupun bukan hanya memadamkan api karena banyak masyarakat yang perlu bantuan mereka yang berkaitan dengan keselamatan warga,” ungkapnya.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *