Ketua FSB Kamiparho Landak Minta Pengusaha Perhatikan Fasilitas Prokes COVID-19 untuk Buruh

Ketua DPC FSB Kamiparho Landak Januarius Jono

Majalahmataborneonews.com, Ngabang – Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh (FSB) Kamiparho Kabupaten Landak mendukung langkah pemerintah dalam program vaksinasi COVID-19 untuk para buruh di Kabupaten Landak, Jumat (19/03/2021).

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC FSB Kamiparho Kabupaten Landak Januarius Jono pada Kamis (18/03) kepada jurnalis majalahmataborneonews.com.

Dia mengungkapkan saat ini kaum buruh juga terdampak oleh situasi pandemi saat ini terutama buruh yang bekerja di sektor perhotelan dan swalayan.

“Yang terdampak langsung itu adalah rekan-rekan buruh di sektor perhotelan dan swalayan karena pandemi COVID-19 ini pemasukan tempat mereka bekerja jadi berkurang bahkan ada yang sampai di PHK,” ungkap Jono.

Lebih jauh Jono menjelaskan saat ini berdasarkan data tahun 2020 buruh yang tergabung dalam FSB Kamiparho Landak sekitar 6.200 orang yang terdiri dari beberapa sektor yaitu perkebunan, perhotelan, dan swalayan.

“Kami juga meminta agar buruh ini difasilitasi perlengkapan protokol kesehatan COVID-19 di mana tempat mereka bekerja, karena menurut kami masih ada beberapa tempat buruh bekerja belum menyediakan masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan sehingga mereka rentan terpapar COVID-19,” tegasnya.

Dia berharap pemerintah, pengusaha dan kaum buruh bisa menyamakan presepsi dalam menerapkan peraturan ketenaga kerjaan terutama dalam hal pengupahan supaya kesejahteraan buruh di masa pandemi ini tetap masih bisa terjamin.

“Selain itu kami juga meminta agar tidak ada lagi PHK sepihak yang dilakukan para pengusaha kepada kaum buruh terutama di masa pandemi ini, karena ada beberapa sektor usaha yang menjadikan pandemi ini alasan untuk memPHK para karyawannya,” tutup Jono.

Penulis : Tullahwi
Editor : Sahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *