Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak Ajak Tingkatkan Peran Wanita Dalam Keluarga

Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak Ajak Tingkatkan Peran Wanita Dalam Keluarga
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak Saat Menjadi Narasumber di Program Jelita RRI

Majalahmataborneonews.com, Landak – Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Landak bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia Pro Satu Pontianak melaksanakan program Jendela Informasi Wanita (JELITA) melalui video conference di Aula Kantor Bupati Landak, Selasa (09/03/2021).

Program JELITA yang juga disiarkan secara relay di Radio Pemerintah Kabupaten Landak tersebut merupakan bentuk pengarustamaan gender yang memiliki tema peranan wanita untuk kesejahteraan keluarga melalui 10 program pokok PKK.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Landak Ny. Cisilia Vianny Alexander, menyampaikan tujuan gerakan PKK adalah untuk mensejahterakan keluarga.

“Gerakan PKK ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga demi meningkatkan kesejahteraan keluarga demi terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan gender dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan,” imbuhnya.

Cisilia menjelaskan sejauh ini pembinaan keluarga yang sudah dilaksanakan tim pengerak PKK Kabupaten Landak yaitu pendataan keluarga dalam kegiatan dasawisma berikutnya kelompok kerja (Pokja) yang melakukan pembinaan keluarga dalam pencegahan kekerasan rumah tangga, pelecehan seksualdan tindak pidana perdagangan orang yang bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

Pokja dua bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan pembelajaran anak PAUD di masa Pandemi, pokja tiga pemanfaatan perkarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan melalui penyuluhan Pertanian yang ada di desa.

“Pokja empat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOLPP) melakukan pencegahan penularan Virus Covid-19 yang dimulai dari keluarga Kader PKK dengan menerapkan 5M, Sosialisasi Vaksin dan Ikut dalam pembagian dan rajia masker dijalan dan di pasar,” tambah Ketua PKK Kabupaten Landak.

Ny. Cesilia juga menyampaikan agar semua pengurus PKK Kabupaten Landak dapat memiliki satu tujuan dan kompak dalam menjalankan organisasi.

“Kita harus punya satu tujuan visi dan misi, ini yang akan kita sosialisasikan kepada semua pengurus supaya kompak agar ketika kita keluar kita membawa tujuan dan visi misi organisasi,” tegasnya.

Terakhir dirinya juga mengucapkan terimakasih karena selama ini setiap program maupun kepegurusan PKK selalu didukung penuh oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang merupakan Ketua Dewan Pembina PKK Kabupaten Landak.

 

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *