Uji Kompetensi Wartawan Kalbar Tahun 2021 Resmi Dibuka

Uji Kompetensi Wartawan Kalbar Tahun 2021 Resmi Dibuka
Pembukaan UKW di Provinsi Kalimantan Barat

Majalahmataborneonews.com, Pontianak – Uji kompetensi wartawan yang digelar oleh Dewan Pers bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Barat tahun 2021 resmi dibuka.

Acara pembukaan UKW yang digelar di Hotel Aston Pontianak tersebut dihadiri Gubenur Kalimantan Barat Sutarmidji, Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusri, Anggota Dewan Pers dan tamu undangan lainnya.

Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri dalam sambutnya mengatakan bahwa UKW kali ini merupakan UKW dengan peserta terbanyak yang pernah digelar oleh PWI Kalbar yaitu dengan jumlah peserta 54 wartawan dari media yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota di Kalbar.

“Sebelumnya kita pernah menggelar UKW namun jumlah peserta yang ikut tidak sebanyak ini, biasanya hanya 20 an,” ujarnya Sabtu, (27/02/2021).

Gusti Yusri menerangkan bahwa peran para wartawan cukup besar terutama dalam hal pengendalian opini di Kalbar, sehingga dengan program UKW ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalnya.

“Semoga Pemerintah Kalimantan Barat bisa membantu dan memfasilitasi program UKW selanjutnya,” harap Ketua PWI.

Ketua Dewan Pers yang diwakili Anggotanya Asep Setiawan pada kesempatan itu menjelaskan bahwa UKW kali ini merupakan program pemerintah pusat yang digelar di seluruh Provinsi di Indonesia.

“UKW kali ini diikuti sekitar 1.500 an peserta wartawan dari seluruh Indonesia, yang merupakan momen yang sangat penting untuk para wartawan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilannya,” jelasnya.

Lebih jauh Asep menuturkan di tengah maraknya berita hoaks yang beredar sangat diperlukan perawan wartawan profesional dalam menyampaikan berita untuk masyarakat.

“Hingga saat ini ada 40.000 an perusahan pers yang terdaftar di Dewan Pers, dan setiap tahunnya kami menerima laporan 500 berita dari masyarakat dimana kebanyakan laporan tersebut mengenai judul berita yang tidak sesuai dengan isi,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Gubenur Kalimatan Barat Sutarmidji mengatakan bahwa dirinya yakin dengan program uji kompetensi ini bisa meningkatkan profesionalisme para wartawan di Indonesia khusunya di Kalimantan Barat.

“Saya menaruh harapan besar kepada para peserta uji kompetensi ini sehingga kedepan para wartawan bisa mempunyai integritas yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Selanjutnya Gubenur Kalbar secara resmi membuka kegiatan uji kompetensi wartawan di Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021.

 

Penulis : Tullahwi

Editor : Sahat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *