Ketua IDI Sambas Siap Di Vaksin Sinovac

Sambas, Mata Borneo.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sambas, dr. Ganjar Eko Prabowo, siap untuk di vaksin yang akan di lanching perdana besok hari Selasa (02/01/2021) di Aula Bupati Sambas. Vaksinasi perdana yang di laksanakan besok akan di ikuti oleh Forkopimda, Organisasi Profesi, Organisasi Keagamaan dan Tenaga Kesehatan. “Jadi nggak usah ragu, vaksin yang di gunakan itu vaksin sinovac, vaksin dari china,” jelasnya.

Dikatakan dr. Ganjar Eko Prabowo yang juga selaku Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, menyampaikan bahwa vaksiansi yang di lakukan pada tahap pertama untuk tenaga kesehatan baik dari pihak Puskesmas mau pun RSUD. Selain itu pada bulan Maret 2021, akan di lakukan vasksinasi yakni untuk pelayanan publik, Polisi dan TNI.

Menurutnya, tekait Vaksin Covid-19 Sinovac, seperti yang di ketahui bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan surat fatwa kehalalan vaksin tersebut serta dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan Ijin Penggunaan Darurat atau Emrgency Use Authorizetion (UEA) dan efektifitasnya 65,3 %, jadi standar efektif dari WHO itu 50%,
Sedangkan sinovac itu 65%, jadi ia layak untuk vaksinasi.

Selain itu, dr. Ganjar Eko Prabowo mengemukakan bahwa layak atau tidaknya di vaksin itu akan di lakukan skrining ada di meja 2. “Terkait persiapan vaksinasi itu ada 4 meja yaitu untuk meja pertama di lakukan registrasi, untuk meja kedua di lakukan Skrining, untuk meja ke tiga dilakukan suntik vaksin serta meja yang ke empat menunggu masa setelah di suntik vaksin selama 35 menit ,” katanya.

Dirinya berharap mudah-mudahan vaksin sinovac dengan efikasi 65% sangat efektif di Kabupaten Sambas, dan bisa memutus mata rantai Covid-19. (nop)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *