Tim Patroli Gabungan Polsek dan Koramil Menyuke Hentikan Aktivitas PETI

Tim Gabungan Patroli Saat Melakukan Penghentian Aktivitas PETI di Tepi Sungai Menyuke

Menyuke, Landak – Aparat Gabungan dari Polsek Menyuke dan Koramil 10 Menyuke, melaksanakan patroli gabungan dalam rangka mengimbau masyarakat agar menghentikan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kecamatan Menyuke, Senin (01/02/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Menyuke Iptu Dahman, Danramil Menyuke Lettu Ary diwakilkan Serda Mosses Samodera  beserta anggota Polsek dan Koramil Menyuke.

Kapolsek Menyuke Iptu Dahman ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa, kegiatan patroli tersebut guna menyikapi keresahan masyarakat terhadap kegiatan penambangan liar yang dapat merusak lingkungan.

“Benar, bahwa dalam kegiatan tersebut patroli gabungan berhasil menemukan lokasi penambangan liar dan saat itu hanya ditemukan sebanyak 8 orang penambang termasuk pemilik lokasi dari 1 lubang tambang,” bebernya.

Kemudian para penambang didata beserta identitas para pemilik lubang lalu diberikan imbauan untuk menghentikan aktivitasnya mengingat lokasi yang dijadikan tempat penambangan ilegal itu berada di pinggir sungai Banyuke.

“Aktivitas pertambangan emas tanpa izin tersebut dapat merusak ekosistem sungai dan dapat menyebabkan tanah longsor, untuk itu kami imbau agar aktivitas ilegal itu dihentikan,” kata Kapolsek Menyuke.

Selain merusak ekosistem lingkungan, larangan aktivitas Pertambangan emas tanpa izin itu tertuang dalam Undang-Undang nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan, mineral dan batubara dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp100 miliar.

“Undang-undang sudah jelas mengatur larangan keras, untuk melakukan aktifitas PETI dan akan ditindak tegas dan mendapatkan sanksi hukum,” ujar Iptu Dahman.

Ia berharap agar masyarakat juga memahami dampak dari aktivitas tambang emas ilegal itu, sehingga tidak semata-mata memikirkan pendapatan semata namun lebih memikirkan dampaknya ke depannya.

“Saat ini kami masih terus lakukan imbauan, kami harapkan masyarakat menghentikan aktivitas PETI itu dengan mencari pekerjaan lain yang legal,” tutup Kapolsek Menyuke.

Penulis : Tim Liputan

Editor : Tullahwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *