60 Persen Kebutuhan Sapi Qurban Di Sintang Dipasok Dari Luar

Majalahmataborneonews.com Sintang,
Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Pertanian Dan Perkebunan Bidang Perternakan Kabupaten Sintang melakukan pemeriksaan hewan qurban di tempat penampungan hewan Mang Ucup Masuka Sintang, Jumat(26/6).

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Wiryono kepada media ini mengatakan pemeriksaan fisik yang dilakukan bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan dapat terjaga hingga proses penyembelihan.

“Pemeriksaan ini akan dilakukan berulang kali hingga hewan qurban tersebut siap dipotong pada hari raya Idul adha mendatang dari hasil pemeriksaan terhadap 48 ekor sapi dan 26 ekor kambing yang ada di penampungan hewan qurban Mang Ucup semua hewan qurban dalam keadaan sehat,” Katanya.

Wiryono menjelaskan pada saat pemotongan hewan qurban nantinya semua akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 sesuai arahan dari pemerintah.

Masih kata Wiryono sebelumnya juga sudah disampaikan bahwa jumlah ternak qurban 2019 yang terdata di 14 kecamatan sapi berjumlah 447 ekor ,kambing 221 ekor untuk memenuhi kebutuhan akan hewan qurban di kabupaten Sintang baru 40 persen dari Sintang sementara 60 persenya dari luar.

Kemudian untuk perkiraan di tahun 2020 ini kata Wiryono di kabupaten Sintang ini ada penurunan cuma tidak terlalu banyak.

” Tahun 2020 ini diperkirakan mengalami penurunan 10 persen ini sehingga kami prediksikan kebutuhan hewan qurban tahun 1441 ini sapi 410 ekor dan kambing 200 an ekor,” pungkasnya.(sus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *