Polres Mempawah Periksa 28 Saksi Terduga Korupsi Bansos Corona

Majalahmataborneonews.com, Mempawah- Polres Mempawah menindaklanjuti terkait dengan laporan masyarakat menegnai dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk 45 lanjut usia (lansia) terdampak pandemi Covid-19 Desa Parit Banjar, Kecamatan  Mempawah Timur,  Kalimantan Barat.

Wakapolres Mempawah Kompol Jovan Reagan Sumual mengungkapkan bahwa pihak dari Polres Mempawah telah memanggil dan memeriksa 28 saksi   terdiri dari 8 orang pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS–LU) Bustanul Ulum yang menyalurkan bantuan dan 20 warga penerima bantuan.

Pemeriksaan bertujuan untuk mengklarifikasi segala hal yang berkaitan dengan bantuan sosial tersebut. “Sampai hari ini, ada 8 saksi yang diperiksa dan puluhan warga penerima yang dimintai keterangan, berdasarkan keterangan saksi dan perhitungan sementara, total dana bansos untuk lansia yang diduga dikorupsi sebesar Rp 36,7 juta” jelas Jovan.

Beliau juga menegaskan dan menghimbau, apapun bentuk bantuan sosial yang diberikan Pemerintah harus disalurkan sesuai dengan mekanisme dan peruntukannya. “Jadi, tidak ada alasan apapun untuk mengurangi hak si penerima, apalagi ini untuk lansia terdampak covid-19” ungkapnya.

Wakapolres Mempawah tersebut menjelaskan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari adanya laporan masyarakat, Jumat (16/5/2020) yang dilanjutkan dengan serangkaian penyelidikan yang dilakukan sampai dengan hari ini.

Sedianya 45 warga penerima bantuan menerima sebesar Rp 2,7 juta dari total Rp 121,5 juta dikirim ke rekening Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS–LU) Bustanul Ulum, pada hari Senin 27 April 2020.

Setelah uang tersebut masuk dan dicairkan pada Kamis 30 April 2020, pihak lembaga mulai menyalurkan kepada warga penerima, nominal bantuan yang diterima warga bervariasi. “Terdapat 27 warga menerima Rp 2 juta, dan 14 warga yang menerima Rp 2,2 juta. Kemudian ada 4 warga yang tak menerima sama sekali karena sudah meninggal dunia dan pindah rumah. Sisanya diduga telah digunakan untuk keperluan pribadi oknum pihak lembaga” jelasnya, (Elisabet)

Disadur kembali oleh: Dinda

Sumber: rakyatberdayanews.com, Judul Asli: Polisi” Periksa 28 Saksi Terduga Korupsi Bansos Corona di Kabupaten Mempawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *