Jendela Dunia Itu Tak Lagi Familiar (Refleksi Hari Buku Nasional 17 Mei) By : L. Sahat Tinambunan

Teknologi telah mengubah segala-galanya di sendi kehidupan manusia dibumi saat ini, tak hanya masalah interaksi sosial yang serba digital. Dalam dunia pendidikanpun tranformasi digitalisasi begitu masif merasuki setiap sendinya. Mulai dari manajemen birokrasi pendidikan, metode pengajaran online (trend dimasa pandemi covid-19 saat ini). Bahkan hal yang paling terpenting dan utama dalam dunia pendidikanpun yaitu “Buku” pun telah juga tergitalisasi. Dan kaum milineal adalah generasi yang mengakrabi teknologi serba online yang berbasis teknologi internet itu.
Tak mengherankan jikalau saat ini, buku mungkin hanya jadi bahan pelengkap literatur saja, khususnya bagi generasi milineal. Melalui kemudahan teknologi internet segala macam informasi dan data yang dahulunya harus dicari dalam buku-buku, kini ada dalam genggaman setiap orang yang memiliki gadget atau Handphone android. Tinggal berselancar didunia maya atau klik dimesin pencarian geogle, maka segala macam informasi telah tersedia, bahkan literatur maupun buku berbentuk digitalpun ada dan tinggal diunduh (download) saja.
Masa-masa serunya harus bolak balik ke Perpustakaan menyusuri rak demi rak mencari buku-buku untuk dijadikan literatur dalam membuat paper atau tugas akhir perkuliahan, mungkin hanyalah sepenggal kenangan bagi generasi terdahulu. Kini, perpustakaan itu ada di gadget. Jikapun ingin buku konvensional tak harus dicari ke perpustakaan atau ke Toko Buku, cukup klik aplikasi belanja online, pesan dan buku pun datang dengan sendirinya. Tak perlu berlelah menyusuri rak-rak buku diperpustakaan ataupun toko buku.
Buku konvensional mungkin telah usang, bukan zamannya. Tapi apapun bentuknya kini, baik dalam bentuk buku digital, Ia tetaplah sumber ilmu pengetahuan, Ia tetaplah jendela dunia itu. Buku tetaplah sahabat yang setia, yang selalu menghibur, yang bijak dan memberi pemahaman akan artinya kehidupan di dunia ini; dulu, kini dan nanti. “Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei 2020” (Penulis : Pengurus Pokjar Universitas Terbuka –UT Ngabang, Landak. Ketua Ikatan Wartawan Online-IWO Landak & Pecinta Buku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *