Riam Setegung, Air Terjun Indah Tak Jauh Dari Perkotaan

Majalahmataborneonews.com, Landak- Hiruk-pikuk perkotaan yang semakin menjadi, Polusi Udara yang sudah mulai sedikit-demi sedikit kita rasakan, pekerjaan yang menumpuk setiap harinya. Itu adalah gambaran singkat tentang kehidupan diperkotaan, dimana banyak orang yang harus terikat dengan pekerjaan, dan tidak banyak waktu yang mereka miliki untuk sekedar bisa liburan singkat dengan keluarganya.

Oleh karena itu, saat akhir pekan banyak tempat wisata yang menjadi sangat ramai terutama yang berada dekat dengan perkotaan. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang dekat sehingga mereka tidak perlu menghabiskan waktu lama diperjalanan dan dapat menikmati waktu berekreasi bersama keluarganya.

Landak sendiri memiliki banyak sekali pemandangan yang indah seperti, perbukitan, air terjun dan juga taman yang ada di pusat kota. Tidak sedikit komunitas-komunitas pecinta alam yang ada di Landak, yang mereka sering melakukan perjalan mendaki ataupun kemah baik itu di bukit maupun di air terjun yang ada di Kabupaten Landak.

Salah satu wisata alam yang ada di Landak adalah Riam Setegung yang berada di Dusun Mungguk, Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak.

Wisata alam ini sendiri sudah cukup populer dikalangan orang-orang yang tinggal diwilayah Kecamatan Ngabang. Namun untuk orang luar daerah Ngabang hanya beberapa yang mengetahuinya. Padahal jika dilihat dengan seksama, Riam Setegung ini termasuk wisata alam yang sangat strategis karena mudah dijangkau, dan dana untuk bisa sampai di wisata alam ini sendiri sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua bahkan roda empat.

Untuk biaya masuk ke kawasan wisata ini sendiri bertarif Rp. 10.000. Menurut warga Landak yang berwisata ditempat ini, untuk biaya masuk tersebut terhitung terjangkau, dikarenakan tempat wisatanya yang sudah dirubah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih nyaman dan mudah untuk ditempuh. Selain itu untuk tingkat keamanannya sendiri dinilai sangat bagus.

“kita sering berwisata kesana, terutama kalau sedang sibuk-sibuknya namun perlu cuci mata. Tempat wisata tujuan utama kita pasti ke Riam Stegung, kalau dulu masih rawan sering hilang barang kalau sekarang sudah aman. Tempatnya juga sudah dikelola dengan baik jadi untuk biaya masuk Rp.10.000 itu tidak berat menurut kami, kami juga senang karena Riam Stegung ini dekat dengan tempat tinggal, jadi tidak perlu lama-lama diperjalanan” ungkap Rani salah satu anggota komunitas pecinta alam saat ditemui, Jum’at (15/5/2020).

Namun dikarenakan masa pendemi Covid-19 yang sekarang sedang melanda, jumlah wisatawan yang  berkunjungpun  berkurang. Hal ini dikarenakan, pemerintah mengeluarkan aturan untuk tidak terlalu sering keluar rumah, guna mencegah tertularnya Covid-19.

Penulis: Dinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *