Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Pandemi Covid-19

Majalahmataborneonews.com, Landak- Salah satu upaya pencegahan Covid-19 adalah dengan menjalani karantina mandiri di rumah. Namun langkah ini  bisa jadi membosankan jika hanya diisi dengan rebahan saja, tanpa banyak melakukan aktivitas fisik.

Seperti yang kita ketahui, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Selain menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) yang sangat berguna dalam masa pandemi virus Corona seperti sekarang, berolahraga juga bisa mengubah suasana hati agar tidak mudah merasa bosan.

Di masa karantina akibat pandemi virus Corona, seperti diketahui Pemerintah Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk meredam penyebaran virus penyebab COVID 1-9 ini, seperti bekerja, belajar, dan beribadah di rumah untuk sementara.

Beberapa olahraga bisa kita lakukan selama masa pandemic tidak perlu jenis olahraga yang berat, cukup melakukan aktivitas fisik ringan yang mudah dilakukan namun memiliki manfaat yang baik bagi kita, juga dapat kita lakukan secara rutin.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah selama menjalani karantina, dan juga ikut kita lakukan agar dapat berkontribusi terhadap pencegahan penyebab Covid-19 .

  1. Jumping Jack

Gerakannya sederhana, minta anak berdiri kemudian melompat membuka kedua kaki sambil merentangkan kedua tangan ke atas kepala. lakukan delapan kali hitungan beberapa kali.

  1. Lompat Tali

Jika punya tali yang panjang, bisa bermain lompat tali dengan anak. Ikatkan tali di kedua sisi pintu atau bisa juga melakukan skipping bersama.

  1. Yoga

Ada banyak gerakan yoga yang sederhana dan level pemula, anak bisa mengikutinya dengan mudah mesti tidak sempurna. Jangan lupa memberinya semangat dan pujian ketka gerakannya bagus.

  1. Sit up

Sambil nonton tv, anak bisa diajak melakukan sit up untuk melatih otot tubuhnya. Tarik tubuhnya untuk duduk jika ia kesulitan. Lakukan saja dengan bercanda, agar menyenangkan,

  1. Squat

Squat akan menguatkan otot kaki dan perut, bagus untuk anak-anak dan dewasa. Sambil berdiri dan nonton TV, lakukan squat sebanyak 10 kali, beri jeda kemudian lakukan 10 kali lagi.

  1. Lunge

Setelah squat, lanjutkan lunge dengan gerakan melangkahkan satu kaki lurus ke depan dengan sedikit squat, lalu bergantian dengan kaki satunya. Kedua tangan di pinggang.

  1. Menari mengikuti musik

Jika tak ingin gerakan olahraga yang membosankan, cukup putar musik dan bergoyanglah mengikuti irama musik. Lebih menyenangkan dan bebas.

 

Disadur kembali oleh: Dinda

Sumber: liputan6.com, Judul Asli: 7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *