Enam Peladang Bebas Murni Di Sintang

Majalahmataborneonews.com,Sintang,- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sintang akhirnya memvonis bebas enam peladang yang didakwa dalam kasus karhutla.

Majelis hakim yang dipimpin Hendro Wicaksono dalam putusannya berpendapat enam peladang tersebut tidak terbukti bersalah secara hukum sesuai dakwaan pertama ,kedua dan ketiga ,kemudian terdakwa dibebaskan dari segala dakwaan.

“Maka diputuskan bebas murni,tanpa syarat,”ucapnya.

Putusan majelis hakim mendapat sambutan gembira dari tim kuasa hukum dan enam peladang.

Spontan, semuanya langsung keluar ruang sidang dengan wajah ceria ribuan massa yang diluar PN pun langsung menyayikan lagu Indonesia Raya.

Agustinus salah satu peladang mengaku lega terbebas dari jeratan hukum dan segera pulang ke kampung halaman ketemu anak dan istri.

“Sangat lega dan segera pulang kumpul dengan keluarga,”tuturnya sambil terbata bata dan meneteskan air mata.

Ketua DAD Sintang Jefray Edward mengatakan ini bagian dari bentuk kegembiraan kami ,oleh sebab itu dikesempatan yang baik ini dia ucapkan terimakasih,yang pertama kepada orang tua kita saudara kita ke 6 peladang yang telah mengikuti jalanya proses hukum dengan tertib dan sabar.

“Saya selaku ketua DAD Sintang berterimakasih kepada 6 peladang saudara kita yang dengan tertip dan sabar mengikuti proses hukum yang berjalan ,”ujarnya.

Selain itu Jefray yang juga wakil ketua DPRD Sintang ini mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat yang turut mengawal jalanya aksi damai dan massa persidangan berlangsung.

Andel salah satu kuasa hukum terdakwa menyatakan Majelis Hakim telah memutuskan bahwa 6 Peladang dibebaskan sebab itu pihaknya menerima apa yang menjadi putusan Majelis Hakim.

“Sekarang kita sudah lega seperti apa yang kita inginkan bersama,Majelis Hakim telah memutuskan saudara kita 6 peladang bebas murni ,sebab itu saya meminta kita semua harus membantu keamanan semua pulang tertip dengan damai,”ucap Andel.

Andel juga mengucapkan terima kasih kepada pihak aparat hukum baik Kejari,PN,TNI dan Polri yang telah mengamankan jalanya persidangan.

“Saya sebagai kuasa hukum 6 peladang mengapresiasi pihak aparat keamanan baik dari Polda,Kodam,Kodim,Korem,Batalyon,Bromob,Polres dan Jajaran yang telah melakukan pengawalan dan pengamanan dengan tertib dan lancar,”ucapnya.

Kapolres Sintang AKBP.Jhon Halilintar Ginting mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat yang telah melaksanakan aksi dengan damai begitu juga dengan TNI dirinya juga mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya ,sehingga pengamanan berjalan dengan tertib.

“Para masyarakat saya harapkan pulang dengan selamat , diharapkan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,”kata Kapolres Singkat.

Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan merasa lega setelah semuanya berjalan aman lancar dan tertib.

“Yang saya rasakan setelah putusan PN Sintang ,sangat lega artinya yang menjadi pemikiran saya pribadi berminggu minggu alhamdulillah hari ini sudah lepas,”tegasnya.

Penulis : Susi

Editor   : Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *