Antisipasi Kawin Kontrak, Imigrasi Entikong Perketat Pengeluaran Pasport

Majalahmataborneonews.com,Entikong,- Kantor Imigrasi Entikong menggelar sosialisasi keimigrasian tentang dokumen perjalanan ke luar negeri. Salah satu materi sosialisasi membahas soal kawin kontrak

Kasi Wasdakim imigrasi kelas II Entikong,Andika widyanarko mengatakan Imigrasi kelas II Entikong perketat pengeluaran pasport dan tingkatkan pengawasan antisipasi kawin kontrak diperbatasan.

Menurutnya Tidak menutup kemungkinan kawin kontrak terjadi diperbatasan,untuk mencegah kasus itu kami tentu meningkatkan pengawasan dan memperketat proses pengeluaran dokumen. Pasport terutama bagi perempuan usia produktif.

belakangan ini wilayah Kalbar sedang disorot oleh media nasional tentang persoalan kawin kontrak. Kawin kontrak dalam konteks ini berasal dari (perempuan) Warga Negara Indonesia yang melakukan perkawinan campuran dengan (pria) Warga Negara Asing.

“Sejak kasus kawin kontrak marak di Kalbar beberapa waktu lalu Imigrasi kelas II di Entikong langsung mengambil langkah meningkatkan pengawasan.khususnya di Entikong dan Sekayam dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Sarawak (Malaysia) sebagian warga nya ada yang kawin campur dengan warga negara Malaysia,dan menetap diperbatasan.” Ujarnya

Kawin kontrak ini bersinggungan dengan tindak pidana perdagangan orang. Wanita yang menjadi korban kawin kontrak itu dibawa ke luar negeri, lalu dipekerjakan secara ilegal bahkan ada mendapat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)

“ Ini yang kita harus hindari,masyarakat juga harus sama-sama menjaga serta diberi penguatan dan edukasi mengenai kasus ini “ Tandasnya (Ki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *