Kabar Daerah

Wabup Sanggau : Kegiatan Perencanaan Dan Penganggaran Guna Merumuskan Program Kegiatan Prioritas Tahun Anggaran 2020

Majalahmataborneonews.com,Sanggau,- Bursa inovasi Desa Cluster V Kab.Sanggau Kec. Kapuas dan mukok bertema kan “komit, tiru, bersinergi,mandiri”, bertempat di Aula Kantor Camat Kapuas Kelurahan Beringin Kamis (29/8/2019) 09:00 WIB.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Sanggau Yohanes ontot M.Si , Kapolres dalam hal ini di wakili , Dandim dalam hal ini di wakili, koordinator P3MD provinsi Kalbar Nanah Yunani S.P, Camat Se-Kab.Sanggau, Kades Se-Kab.Sanggau serta para  undangan.

Adapun laporan disampaikan  Ketua Panitia Yos Sudarso menyampaikan program dan pelaksanaan ini sebagai program inisiatif masyarakat yang berkembang di desa-desa dan sebagai wahana pertukaran informasi di desa, tentunya menentukan kualitas pembangunan desa dan pemberdayaan dengan mengunakan dana desa. Saya selaku panitia menyampaikan dasar penyelanggaraan tahun 2019 yaitu menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 4 tahun 2019 tentang perubahan atas keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 48 tahun 2018 tentang pedoman umum program inovasi desa. Keputusan Direktur Jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 2 tahun 2019 tentang petunjuk teknis pengelolaan bantuan pemerintah program inovasi Desa Tahun Anggaran 2019, keputusan Bupati Sanggau nomor 255 tahun 2019 tentang pembentukan tim Kelompok kerja dan sekretariat tim inovasi Kabupaten Sanggau tahun 2019.

Sambutan camat Kapuas Alipius kami selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang di Kec.Kapuas , terima kasih untuk kehadirannya hadir dalam inovasi desa. Kita mengharapakan ada desa mandiri dalam mewujudkannya tentunya harus berubah, tentunya harus ada perubahan dari setiap desa, bukan sesuatu yang mudah dan bukan juga sesuatu yang sulit bila kita mau melaksanakannya, forum inovasi desa tentunya punya fungsi lain.  Bursa inovasi minimal ada tiga cluster yang bisa diambil. Tentunya di imbangi dengan SDM yang unggul yang menjadi prioritas utama. Coba gali apa yang bisa di angkat dari desa yang kreatif seperti para wisatawan, Bundes bisa dijadikan transformasi dengan harapan meningkatkan pendapatan desa,”Tegasnya.

Sambutan WaBup Sanggau saat ini desa desa sedang melaksanakan kegiatan perencanaan dan penganggaran guna merumuskan program kegiatan prioritas Tahun Anggaran 2020 efektifkan perencanaan pembangunan desa maka para stakeholder perencana Desa pengembangan wawasan yang inovatif salah satu caranya yaitu dengan belajar dari cerita sukses dan inovatif dari desa lainnya.

Tiga tahun terakhir ini Kementerian Desa pdtt masih melaksanakan program inovasi Desa gimana melalui program ini Kementerian Desa telah mendokumentasikan pengalaman inovasi Desa lalu mengintimidasi melalui kegiatan bursa inovasi desa, sehingga pertukaran pengetahuan atau Desa berjalan dan proses pembelajaran satu sama lain bekerja karena menghasilkan sistem perencanaan pembangunan yang efektif karena memiliki daya inovatif sebagai mana yang kita dapat.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa menjadi salah satu dasar ketika diterapkannya strategi tersebut kewenangan dan keuangan diserahkan sepenuhnya kepada desa untuk mengelola Sesuai dengan keputusan cerita serta berlandaskan musyawarah desa. Akhirnya saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terutama kabupaten dan pelaksana inovasi desa dan juga para pelaku perilaku yang telah berkontribusi mengukir lahirnya desa-desa yang inovatif

Penulis : Rizky Diskominfo

Editor : Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *