Wakil Bupati Sanggau: Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan Harus Akurat!

Majalahmataborneonews..com,Sanggau,- dilaksanakan rakor verival data kemiskinan BPNT dan RTLH tahun 2019 bertempat di ruang Musyawarah lantai l Jum”at (23/8/2019) 09:00 WiB.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si, DINSOSP3AKB Drs.Aloysius Yanto,M.Si, Kepala kantor seksi Bulog Kab.Sanggau Basiman, Camat Se-Kab.Sanggau, Para Kepala Desa/ lurah Kab.Sanggau, Kepala Cab BRI sanggau Salahudin nasution, Pimpinan CU / yang mewakili Sekab.Sanggau, Budaya Sunda Asep Suratman.

Kepala DINSOSP3AKB menyampaikan ditemukan banyak terjadi kasus ketidakakuratan data. Padahal, Program BPNT dan RLTH membuntuhkan pasokan data yang akurat. Perlunya verifikasi dan validasi. membutuhkan peran aktif perangkat daerah, Camat , Kepala Desa serta keterlibatan masyarakat.

“Dengan adanya data yang valid dan terverifikasi, inclusion dan exclusion error yang mungkin terjadi pada saat pendistibusian dapat diminimalkan,” ujarnya.

Wakil Bupati Sanggau menyampaikan tujuan diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik di provinsi dan kabupaten/kota dalam melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan di Indonesia.

“Karena yang paling tahu siapa rakyatnya dan kemudian siapa rumah tangga sasaran yang cocok menerima program dari pemerintah itu tentu saja kepala daerahnya,” ujarnya

Adapun peran Pemerintahan Daerah dalam Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan sudah sesuai dengan UU No 13 tahun 2011. Sebelumnya, Verifikasi dan Validasi data seperti ini belum dilakukan secara terstruktur dan terkoordinasi, ke depannya validasi data dapat dilakukan secara rutin. Hal itu sesuai mandat undang-undang dan dapat dilakukan dengan bantuan APBN. (Ki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *