Kabar Daerah

Diskominfo Sanggau Sosialisasi KIM di Desa Belangin III

Majalahmataborneonews.com,Sanggau,- Tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau melakukan sosialisasi KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) di Desa Belangin III, Kecamatan Kapuas, Rabu (7/8/2019). Tim diketuai oleh Emelia Agustina Lusy, S.Kom selaku Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik, serta didampingi beberapa staff dan turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Belangin III Fransiskus Sanusi, Ketua BPD Fran Toding dan Sekertaris Desa Slamet Waluyo.

Dalam penyampaiannya, Lusy selaku Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik memaparkan pentingnya KIM bagi masyarakat desa. KIM merupakan salah satu indikator kinerja utama dari Kementerian Kominfo, yang mana pelaksanaannya sebagai lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhan.

“Salah satu fungsi utama KIM adalah sebagai mitra dialog dengan pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah dalam merumuskan kebijakan publik. Adapun yang menjadi sasaran dan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, yakni kepada Desa Fokus, Desa Adat, Desa Wisata dan Desa Mandiri, kemudian kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kelompok Forum Komunikasi Media Tradisional (sanggar seni budaya), serta Kelompok Tani (Poktan),” jelas Lusy.

Lanjut dikatakannya, selain itu KIM juga dapat berfungsi sebagai komunitas pemasaran untuk barang dan jasa yang ada di desa. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan desa itu sendiri.

“Diharapkan dengan bedirinya KIM di desa tersebut, masyarakat dapat mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayagunaan informasi dengan tepat sasaran dan khususnya untuk Desa Belangin diharapkan dalam waktu dekat dapat mengirimkan susunan kepengurusannya dan kemudian disahkan legalitasnya,” harapnya. (Ki)

Penulis         : Tatag Suasono, S.T

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *