Uncategorized

TMMD Reguler Ke-105 Mempermudah Transportasi

Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Kodim 1205/Sintang melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan ke-105 Tahun 2019. Yang dilaksanakan di Desa Marti Jaya Kecamatan Tempunak pada Rabu,(10/7/2019).

Kesempatan itu Bupati Sintang Jarot Winarno didapuk memimpin upacara sekaligus membuka secara resmi TMMD Reguler Perbatasan 105 tahun 2019,upacara itu sendiri diikuti Para SOPD terkait di lingkungan Pemkab Sintang.

Kali ini TMMD mengangkat tema, “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”
Hadir dalam kegiatan ini Kasi Ter Korem 121/Abw Kolonel Inf Nyamin, Dandim 1205/Stg Letkol Inf Rachmad Basuki dan Forkompimda Kab. Sintang.

Bupatii Sintang dalam amanatnya menyampaikan sasaran fisik TMMD yang ke 105 ini adalah Pembangunan Jalan Riam Batu sampai ke Benua Kencana sejauh 9,54 Km, Rehabilitasi tempat sarana ibadah dan pembuatan MCK. Untuk itu Bupati berharap kepada seluruh masyarakat untuk berhasilnya proram ini harus bersinergis dengan seluruh prajurit TNI yang melaksanakan TMMD ini sehingga nanti hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Disamping sasaran fisik juga ada sasaran non fisik yaitu penyuluhan bidang pertanian,hukum .Narkoba dan Pemeriksaan kesehatan program Keluarga brencana sehingg nilai strategis TMMD ini betul -betul dapat dirasakan oleh masyrakat.

Giat ini hanya akan berhasil apabila dukungan dari masyarakat setempat tanpa dukungan dari masyarakat mustahil kegiatan ini terlaksana dengan maksimal ,”kata Bupati Sintang.

Untuk itu Bupati Jarot Winarno mengimbau kepada seluruh masyarakat desa riam batu ,desa benua kencana,desa martin jaya dan desa desa sekitarnya untuk bersama sama dengan TNI,Polri ,Jajaran Pemerintah Daerah untuk menyukseskan jalannya TMMD Reguler Perbatasan tersebut dengan memberikan dukungan sepenuhnya dan partisipasi sepenuhnya.

“Pada hari ini juga diselenggarakan bhakti sosial KB Kes TNI dengan kerjasamanya dengan BKKBN melakukan intensifikasi dalam pencapaian sasaran program KB nasional,KB Kes TNI tempunak 2019 adalah intensifikasi TNI dalam program KB Nasional dan pembangunan kesehatan yang dilakukan secara terpadu oleh semua lapisan tingkat wilayah dalam rangka membangun keluarga yang sejah tera.

Upacara pembukaan tersebut dipusatkan di desa Marti Jaya kecamatan Tempunak ini,juga melibatkan warga masyarakat dalam penyiapanya,Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki Sebagai Dansatgas TMMD menyampaikan ucapan terimakasihnya langsung kepada warga masyarakat yang begitu antusias dalam penyiapan ini,terlebih kepada Kepala Desa Marti Jaya Bapak Yuyan.

“Pelaksanaan TMMD sebagai wujud pengabdian TNI bersama rakyat, untuk membantu percepatan pembangunan di daerah tertinggal demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat,” ujar Dandim 1205/Sintang.

Lanjut Rachmat Basuki bahwa pada kegiatan TMMD ke-105 melibatkan personel dari TNI/ Polri, yang tergabung dalam Satgas TMMD. Personel Satgas TMMD ini tinggal di rumah-rumah masyarakat disekitar lokasi TMMD, sehingga antara TNI-Polri dan rakyat benar-benar saling membaur dan dapat mempererat persaudaraan yang sudah terjalin, serta dapat mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1205/Sintang juga menjelaskan, sasaran TMMD ke-105 berupa sasaran fisik dan non fisik. Untuk jajaran Korem 121/Abw Kodim 1205/Stg, sasaran fisik yang dikerjakan berupa pemeliharaan dan peningkatan jalan P. 9.450 m, L. 8 m, untuk non fisik melaksanakan penyuluhan, pertanian, Kamtibmas, Narkoba, wawasan kebangsaan, Karhutla dan KB/Kesehatan.

“Untuk alokasi anggaran dari pemerintah daerah fokus di perbaikan jalan, Karena personil kita banyak maka kita cari sasran tambahan yakni perbaikan Surau mengingat kemarin dapat bantuan keramik,”ucapnya.

Dandim menyebutkan personil yang terlibat dalam satgas anggota TNI sendiri sebanyak 150 personil.

Kasiter Rem 121/Abw Kolonel Inf Nyamin menyatakan Melalui kegiatan TMMD sangat membantu Pemda dalam upaya mempercepat pembangunan di wilayah. Pada dasarnya TMMD adalah sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna, bagi kepentingan pembangunan, peningkatan kesejahteraan maupun, pertahanan dan ketahanan negara.

“Program pembangunan desa ini tidak berhenti disini saja, diharapkan pemerintah daerah akan melanjutkan ke program pembangunan selanjutnya,” ucapnya.

Yang kedua lanjut Kasiter giat tersebut untuk mewujudkan kemanunggalan TNI/Rakyat ,sehingga dari kegiatan tersebut dapat memupuk kegotong royongan TNI bersama Rakyat.(sus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *