Uncategorized

Kapolsek Serawai Ikuti Tradisi Adat Ngitot Urak Sebagai Bentuk Cinta Akan Budaya Dayak


Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Kemeriahan rangkaian Upacara Dalo’ atau Upacara pengangkatan tulang orang yang telah meninggal dunia tepatnya di Kecamatan Serawai berlangsung khidmat dan berjalan lancar, kamis (4/7/2019) malam.

Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono dalam acara ini turut ikut menyambut kedatangan tamu yang dikenal sebagai Ngitot Urak sebagai salah satu tradisi menyambut undangan yang hadir mengantar hewan untuk dikorbankan pada upacara Dalo’ bersama dengan tuan rumah Zulkarnaen anak dari alm.johan thomas totong. Ianya menyambut tamu undangan keluarga besar Cikimin Turik yang memberikan antaran seekor babi untuk Upacara Dalo’ tersebut.

“Untuk membangun sinergitas antara Polri dengan Masyarakat, kita turut menyambut kedatangan para tamu undangan yang hadir. Terlebih acara seperti ini jarang sekali diadakan dengan skala yang besar karena faktor biaya yang tinggi, oleh sebab itu masyarakat yang hadir juga sangat banyak,” jelas Kapolsek.

Seluruh personil yang bertugas di Polsek Serawai pun di terjunkan guna menjamin keamanan selama kegiatan berlangsung mulai dari pengaturan arus lalu lintas hingga melakukan pendampingan selama kegiatan.

“Acara seperti ini banyak dihadiri oleh masyarakat baik dari tetangga kecamatan dan dari luar provinsi (kalteng), oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya tindak kriminal yang dapat mengganggu prosesi adat. Sebelum hal itu terjadi kita lakukan pengamanan,” katanya. (Susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *