Info Bisnis

Jual Beli Online Dikuasai Produk Luar, Pemerintah Diharap Keberpihakannya Pada Pengusaha Kecil

Majalahmataborneonews.com, Jakarta- Kemajuan teknologi informasi berbasis internet alias dunia maya yang terus berkembang era saat ini telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat dunia, hampir semua aspek terimbas , tak terkecuali dengan aspek ekonomi dan bisnis. Hingga tak mengherankan ada banyak bisnis konvensional dan lokal yang harus gulung tikar kalah bersaing dengan maraknya bisnis model online, hal ini dikarenakan jual-beli online ternyata didominasi oleh barang-barang impor. Sebagaimana yang dikatakan oleh ekonom muda Indef, Bhima Arya Yudhistra yang mengatakan bahwa 90% lebih barang ecommerce adalah barang impor yang memukul perekonomian usaha kecil. Melalui pesan singkatnya pada Minggu (30/6/2019), sebagaimana yang dilansir Inilah.com.
Kondisi tingginya jual-beli online produk luar tersebut jika dibiarkan akan berdampak buruk, tidak hanya merugikan pengusaha lokal tetapi juga akan berpengaruh pada semakin melebarnya defisit neraca perdagangan dikarenakan peningkatan impor yang berujung pada rapuhnya struktur ekonomi dalam negeri, tutur Bima.
Untuk itu, Bima menyarankan agar produk lokal berbenah dengan berupaya meningkatkan kualitas produk yang lebih baik lagi sehingga memiliki daya saing terhadap produk luar, serta akan membuka peluang peningkatan ekspor. Di samping itu pemerintah diharapkan dapat mengambil peluang di tengah perang dagang yang saat ini sedang terjadi, dengan cara diversifikasi tujuan ekspor ke Negara alternatif dan mengambil peluang di era perang dagang saat ini.
Editor : kiki
Sumber : Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *