Uncategorized

Jarot: Puspawaja Sintang Insya Allah Rahmatan Lil ‘Alamin


Majalahmataborneonews.com Sintang,
Ratusan warga jawa yang ada di Kabupaten Sintang menjejali halaman Indoor Apang Semangai Baning Sintang. Mereka tak lain turut menyaksikan Pengukuhan Pengurus Pusat Paguyuban Warga Jawa (Puspawaja) Periode 2019-2024 yang dikemas dalam halal bihalal ngaku kelepatan pada Sabtu,(29/6).

Undangan yang hadirpun disuguhi berbagai seni budaya tari mulai dari remong,tari kijang,gandrung ,kuda lumping,gambyong ,rebana ,sholawatan serta beberapa tari lainya.

Dikukuhkanya Pengurus Puspawaja periode 2019-2024 ini hasil Musyawarah III pada 17 maret 2019 lalu.

Giat tersebut dihadiri Bupati Sintang Jarot Winarno,sekaligus melantik Pengurus baru terpilih Sutarno,sebagai Ketua Puspawaja Kabupaten Sintang , Sekretaris Umum Sih Sarwodadi Teguh dan Bendara Umum Subari pada periode Tahun 2019-2024.

Kesempatan itu Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, Susana silaturahmi dan halal bihalal umat muslim di Kabupaten Sintang hingga hari ini masih terasa seperti kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan Puspawaja ini.

“Keakraban umat beragama di Sintang ini cukup bagus dalam kegiatan halal bihalal ini masyarakat muslim di Kabupaten Sintang ini juga masih terlihat dengan mengundang makan siang umat beragama lain dirumahnya , ini membuktikan toleransi dan saling menghargai diantara umat beragama di bumi senentang ini sangat baik dan harus tetap selalu kita jaga,”Kata Jarot.

Kesempatan itu juga Jarot menyinggung soal masih masih tingginya garis kemiskinan di kabupaten Sintang hingga mencapai 551 jiwa.Namun angka tersebut masih menjadi yang terbesar di pulau Kalimantan. Sintang urutan ke-11 jumlah penduduk miskin.

Dengan demikian pihaknya meminta program penanggulangan kemiskinan harus memiliki daya ungkit yang kuat untuk mengurangi kemiskinan.

“Meskipun Sintang sudah maju namun tantangan masih banyak diantaranya garis kemiskinan masih tinggi 551 Penduduk. Atau 78 persen. dan saat ini Sintang baru memiliki 6 desa mandiri 10 desa maju sisanya desa tertinggal dari jumlah 391 desa.Pemerintah tidak dapat mengatasi masalah sendirian jadi dia mengajak secara paguyupan

“Saya optimis sekali Puspawaja bisa maju ,selamat kepada pengurus yang baru insya allah akan dapat mengikat dan merekatkan sapu lidi ,Apalagi Puspawaja ini isinya ada TNI/Polri dan berbagai bidang lainya Insya Allah kita dirahmati,” Ujar Jarot.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Siti Musrika mengatakan, dengan usia Puspawaja yang saat ini sudah berusia 14 tahun dengan tujuan melakukan kegiatan sosial budaya , ekonomi dan meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama warga jawa dan membina kerukunan kelompok masyrakat lainnya semua suku dengan satu prinsip “Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung”

“Puspawaja yang saat ini sudah berusia 14 tahun dengan tujuan melakukan kegiatan sosial budaya , ekonomi dan meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama warga jawa dan membina kerukunan kelompok masyrakat lainnya semua suku dengan satu prinsip “Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit dijunjung,”tuturnya.

Pengurus Puspawaja yang masih labil ini masih membutuhkan dukungan dan bimbingan semua pihak.

Sutarno Ketua Puspawaja yang baru menyatakan dengan diberikanya amanah untuk mengurus Puspawaja ini dirinya berterimakasih dan bakal menjalankan amanah tersebut dengan baik.

“Terimakasih saya telah dibangunkan dan diberi kursi untuk mengurus puspawaja kabupaten Sintang ,dengan demikian insya allah saya akan jalankan sesuai dengan protap,”pungkasnya.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan Penyerahan Pataka Puspawaja Kabupaten Sintang dari Ketua Puspawaja Periode 2015-2019 Sumarno kepada Ketua Puspawaja Periode 2019-2024. Sutarno.

Hadir dalam kesempatan itu dihadiri Kapolres Sintang,AKBP Adhe Hariadi,Danrem 121/Abw atau yang mewakili, Danyon, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas pemuda, Ormas kelompok Etnis, suku agama, serta ratusan masyarakat jawa yang ada di kabupaten tersebut.

Acara ditutup dengan tausyiah Oleh KH.Ainurorofik Pengasuh Ponpes Nurul Mubin Jatim.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *