Kabar Daerah

Antisipasi Karhutla Danrem 121/Abw Minta TNI Bersinergi Dengan Pihak Terkait

Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Kodim 1205/Sintang beserta perkuatanya melaksanakan operasi bantuan kepada pemda diwilayahnya dalam rangka penanggulangan bencana karhutla pada ,Jumat (21/6) di Aula Makodim 1205/Sintang Jalan Kesatria Kelurahan Alai Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Kesempatan itu Danrem 121/Abw, Brigjend TNI Bambang Trisnohadi,menyatakan giat tersebut merupakan untuk meningkatkan kualitas komandan dan staf dalam melaksanakan mekanisme prosedur hubungan komandan dan staf pada suatu kegiatan yang dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengawasan dan pengendalian pada tugas-tugas operasi tugas bantuan maupun tugas pembinaan satuan.

Lanjut Danrem 121/Abw ,dengan telah selesainya latihan ini kepada semua unsur yang terlibat dalam latihan posko 1 Kodim 1205 Sintang baik yang bertindak selaku pelaku penyelenggara maupun pendukung tentunya telah mendapatkan pengalaman yang berharga dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kualitas personil sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

” Saya lihat dan saya menilai penyelenggaraan latihan posko 1 Kodim 1205 Sintang ini cukup baik tertib dan lancar. Kemudian kepada seluruh peserta yang terlibat baik penyelenggara pelaku maupun pendukung yang saya ucapkan terimakasih intinya kita di sini sama-sama belajar ya jadi bukan hanya pelakunya penyelenggara pun kita belajar masih banyak kekurangan-kekurangan yang tadi sudah disampaikan panjang lebar,”Ucap Bambang Trisnohadi.

 

Hal ini diharapkan dijadikan sebagai pengalaman sebagai bekal dalam menyongsong tugas ke depan jadi sesuai tema Danrem menyatakan sangat tepat.

“Bagaimana saya sampaikan pada saat pembukaan yang lalu dilihat dari tema maupun kesempatan ini sangat tepat temanya kita melaksanakan operasi bantuan kepada pemda dalam penanganan karhutla sesuai informasi dari BMKG 3 bulan kedepan ini adalah puncak-puncaknya musim kemarau.”Katanya.

pihaknya tidak menginginkan terjadi kejadian serupa pada tahun 2015 silam hingga ditetapkanya daerah status waspada karhutla.

“Kita tidak ingin ya kejadian tahun 2015 ini terulang lagi ibarat keledai saja tidak jatuh pada lubang yang sama massa kita tiap tahun mau terus menerus ya dirugikan oleh kasus ini karena tidak main-main negara dirugikan triliunan bukan miliaran rupiah belum lagi korban jiwa korban harta benda kesehatan penerbangan, hubungan kita dengan negara tetangga banyak sekali dampak-dampak dari kasus lainnya oleh karena itu saya berharap betul, latihan posko yang sudah kita laksanakan 3 hari ini ya tidak lewat begitu saja yang tidak hanya sekedar menghabiskan program tapi ,saya minta ada nilai tambah yang bisa kita dapatkan bersama bisa meningkatkan kemampuan komandan dan stafnya,”tegas Danrem.

Ditambahkan pria berpangkat bintang satu tersebut bahwa ,bagaimana dalam merencanakan mempersiapkan dan mengendalikan suatu operasi dan yang lebih penting lagi bagaimana menyamakan persepsi dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayah dalam penanganan bencana.

“Apabila lahan dan hutan sudah terbakar yang bisa memadamkan secara efektif hanyalah hujan apalagi lahan gambut sulit sekali.”kata Danrem lagi.

Dengan telah selesainya latihan ini kepada seluruh unsur yang terlibat baik pelaku penyelenggara maupun pendukung ya sekali lagi saya ucapkan terima kasih jangan berhenti berlatihnya setelah latihan posko ini pelihara dan tingkatkan apa yang sudah didapatkan dalam latihan terutama komandan dan para perwira staf agar senantiasa melatih diri pada setiap kesempatan yang ada yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.imbuh Danrem 121/Abw.

Sementara Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki menambahkan pihaknya sdangat bersyukur telah dipercaya TNI-AD untuk melaksanakan latihan latihan posko.

“Kita sangat bersyukur diberikan dari TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan latihan posko untuk melatih kesiapan kita Kodim khususnya dan beserta stafnya dalam hal melakukan koordinasi koordinasi di tingkat internal antar staf kita sendiri maupun kita koordinasi dengan instansi luar yang diasumsikan tapi ada inovasi yang kita lakukan dengan kita mengundang instansi-instansi yang berkepentingan terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan termasuk juga yang setiap saat selalu memberikan informasi terhadap perkembangan cuaca perlu kita latihan secara terus-menerus agar kita sudah terbiasa,”ujar Rachmat Basuki.

 

Pengalaman tahun kemarin sebut Dandim, Bupati menetapkan status tanggap darurat otomatis berlaku untuk semua aktivitas penanggulangan dan Kebetulan juga saat itu Dandim ditunjuk sebagai komandan Satgas oleh Bupati.

“Kita melakukan latihan ini Apabila di kemudian hari sampai Sintang ini menetapkan status tanggap darurat ,kita sudah siap dan terlatih ,selain melakukan koordinasi kita tetap melaksanakan tugas fungsinya dan pembinaan di wilayah dalam rangka menghadapi 3 bulan kedepan ini kita lebih banyak untuk melakukan sosialisasi sudah dilaksanakan gabungan antara kerja sama dengan beberapa intansi terkait yakni Manggala Agni ,BPBD dan Polri selalu melakukan sosialisasi untuk mengurangi kegiatan aktivitas untuk menghilangkan secara 100% agak susah juga karena memang Itu sudah merupakan kultur budaya masyarakat pedalaman semaksimal mungkin kita berupaya untuk mengurangi aktifitas membakar ladang,”kata Dandim.

Untuk Kodim 1205 /Sintang sendiri memiliki Babinsa yang tersebar di Kabupaten Sintang dan Melawi sebanyak 206 personel yang tersebar untuk melakukan sosialisasi, untuk kabupaten Sintang sendiri Bupati Sintang telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 57 tahun 2018 yang mengatur tentang tata cara buka lahan dengan membakar ataupun tidak dibakar.

“Itu juga tersosialisasikan karena disitu ada aturan yang harus dilakukan oleh masyarakatnya kemarin kita sudah melakukan rapat koordinasi teknis,”pungkasnya.

Hadir kesempatan itu selain Danrem yakni Kasi Ops Korem 121 / Abw Kolonel Inf. Asep Akhmad Hidayat,Kasi Log Korem 121/ Abw Kolonel Kav Josafath M.R. Duka,Dandim 1205/Stg, Letkol Inf. Rachmat Basuki, Kasdim 1205/Stg, Mayor Inf. Supriyono,Tim Penilai,Para Pasi korem. Perwira kodim.Pelaku Latihan Posko 1.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *