Kabar Daerah

Pemkab Melawi Menggelar Literasi Media

Majalahmataborneonews.com, Melawi,- Diskominfo Kalbar bersama Pemkab Melawi menggelar literasi media bertemakan Bijak Memilih Siaran yang Sehat di Hotel Amaranta

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalbar, Alfian menerangkan, literasi media digelar untuk memberikan pemahaman pada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dan bisa memilah siaran yang bisa ditonton atau tidak.

“Dan khusus orang tua bisa memberikan pemahaman pada anaknya serta memberikan waktu. Ini waktu belajar, ini waktu menonton. Wawasan ini diharapkan bisa terbangun,” ujarnya.

Alfian mengatakan, literasi media ini semestinya menjadi tugas bersama, tak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat karena berat dan sulit untuk melawan industri pertelevisian, keterbatasan jangkauan regulator hingga ketimbangan pengetahuan masyarakat.

“Siaran ibarat dua mata pedang, ada sisi baik dan ada sisi buruk. Dengan adanya media penyiaran, informasi dapat menyebar luas, namun sebaiknya kita perlu memperkuat ideologi dan dasar dari pribadi untuk bisa menyaring siaran baik dan tidak baik,” katanya.

Asisten II Setda Melawi, Priscilla yang membuka kegiatan literasi media mengatakan pengaruh media saat ini semakin terasa ketika lembaga penyiaran berlomba-lomba dalam memberikan layanan informasi pada masyarakat.

“Tanpa terasa media ini menanamkan ideologi baru dalam diri penontonnya. Hal ini perlu diimbangi dengan literasi media sebagai budaya tangkal atas dampak negatif media,” katanya.

Priscilla melanjutkan, literasi media ini tentu tak akan berjalan baik tanpa peran serta masyarakat. Peran ini bisa diambil organisasi komunitas, kelompok budaya lokal dan individu.

“Karenanya kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menjaring peran serta masyarakat baik yang tergabung dalam organisasi maupun individu. Dalam rangka membuka wawasan mengenai literasi media di Melawi menuju Kabupaten Sadar Informasi,” harapnya.

Literasi media ini sendiri dihadiri sejumlah pimpinan lembaga penyiaran lokal yang ada di Melawi, OPD, tokoh masyarakat, guru hingga jurnalis. Dalam kegiatan ini hadir pula anggota KPID Kalbar sebagai salah satu pemateri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *