SMKN 1 Sintang Lepas 613 Siswa Didik

Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII merupakan agenda rutin SMK Negeri 1 Sintang yang dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran kelas XII selesai atau setelah ujian nasional dilaksanakan.

Selain sebagai ajang silaturahmi antarsiswa, dan warga sekolah (para guru dan staff), acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Para siswa siswi nantinya akan kembali ke orangtua dan masyarakat sebagai sosok pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi maupun berwira usaha atau bekerja.

Tahun ini perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sintang tahun ajaran 2018/2019 digelar di Indoor Apang Semangai Lingkungan Stadion Baning Sintang pada (24/4)

Kepala SMKN 1 Sintang Maria Victoria mengatakan bahwa apa yang diraih saat ini bukan akhir dari sebuah perjuangan yang telah ditempuh selama 3 tahun.

“Apa yang di raih saat ini bukan akhir dari sebuah perjuangan yang telah di tempuh selama 3 tahun namun mulai saat ini merupakan titik awal untuk menjalani kehidupan di luar sana mudah mudahan dengan bekal ilmu yang telah di peroleh selama 3 tahun di bangku sekolah bermanfaat untuk siwa siswi SMK Negeri 1 Sintang ini untuk menjalani kehidupan di masyarakat baik untuk bekerja maupun berwirausaha,” tutur Maria.

Ditambahkan Maria bahwa Siswa didik yang dilepas saat ini merupakan angkatan ke XVII dari usia sekolah 20 tahun,ditanya soal konsep untuk ciptakan tenaga yang handal Maria menyatakan jika memang diarahkan kekejuruan yang banyak bidang-bidang diminati dari awal dipersiapkan dari kurikulum nya untuk menciptakan tenaga tenaga yang handal siap kerja sesuai dengan jurusan masing-masing setingkat teknisi.

“Terkadang dilapangan ada yang nanya kenapa handal hanya sebatas teknisi ? Kan hanya setingkat SMA /SMK jadi handalnya dibidang masing-masing setingkat SMA,”ucapnya.

Jumlah peserta didik yang lepas saat ini ada 613 siswa di 13 kompetensi keahlian dalam 22 Rombongan Belajar.

Sementara Kabid Pembinaan SMP di Disdikbud Kabupaten Sintang Ernawati berharap Peserta didik sudah benar-benar siap pakai dan berkualitas Mampu mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman, dengan perkembangan revolusi industri 4.0 ini SDM.

Dunia usaha atau dunia kerja lanjut Ernawati Masyarakat Stakeholder sudah disediakan tenaga kerja yang siap pakai dan berkualitas dengan skill yang handal.

“Kami pihak Pemerintah tentu sangat mendorong dan mendukung Fasilitasi peningkatan dalam PBM (proses Belajar Mengajar) berbasis IT. dalam hal ini juga diharapkan dukungan masyarakat, stakeholder, orang tua, komite sekolah agar peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai secara optimal.Kita optimis dengan meningkatkannya SDM yang ada maka kualitas dan produktifitas dunia industri , dunia usaha dapat semakin baik,”katanya.

Dengan demikian pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Pastinya sangat mengapresiasi.

” Saya atas nama disdikbud kabupaten Sintang Menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak khusus kepada kepsek SMKN 1 Sintang, tenaga pendidik serta tenaga kependidikan di Lingkungannya yang sudah penuh semangat dalam mendidik dan membina serta mengajar siswa siswi.Yang mana ini salah satu sekolah, SMK kebanggaan Sintang. SMKN 1 yang sangat visioner.”pungkasnya.

Pelepasan siwa siswi SMK Negeri 1Sintang berjalan dengan lancar semoga dengan di adakan acara ini menjadi sebuah kenangan yang istimewa bagi siswa siswi dan semoga siswa siswi SMK Negeri 1 Sintang ini menjadi orang orang yang sukses dan berguna bagi lingkungan masyarakat mereka tinggal.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *