Kabar Daerah

Jelang Pemilu 2019, PPK Lumar Gelar Bimtek Tungsura Pada PPS dan KPPS

MAJALAHMATABORNEONEWS.COM,BENGKAYANG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang terus berupaya meningkatkan kinerja menjelang pemilihan presiden dan anggota legislatif, 17 April 2019 mendatang.

Kali ini, PPK Kecamatan Lumar menggelar Bimbingan Teknis Penghitungan Surat Suara (Bimtek Tungsura) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Tiga Berkat dan Desa Magmagan Karya. 

Untuk diketahui, Bimtek ini akan digelar setiap harinya secara bergantian per-Desa, dan di pecah perdesa.

Kali ini giliran PPS dan KPPS, di 2 Desa yaitu Desa Tiga Berkat dan Desa Magmagan Karya yang dilangsungkan di Aula Kantor Camat Lumar, Senin (08/04/2019).

Komisioner Divisi Perencanaan data dan informasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Lumar, Timotius mengatakan bahwa pihaknya akan terus memahamkan  PPS dan KPPS terkait proses pemungutan dan Perhitungan suara.

“Bimtek digelar setiap hari dilaksanakan per-desa, seperti sekarang Bimbingan Teknis ke PPS dan KPPS di desa Tiga Berkat dan Magmagan Karya,” ujar Timotius, Senin (08/4/2019).

“Bimtek yang dibawah kendali divisi Perencanaan data dan informasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPS dan KPPS menjelang persiapan pemilihan umum tahun 2019,” lanjutnya.

Kemudian, Ia menerangkan bahwa dalam hal ini diharapkan PPS dan KPPS paham mengenai perhitungan suara.

“PPS dan KPPS harus paham penghitungan suara itu dilakukan secara berjenjang, mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” jelasnya.

Dalam hal ini, Timotius menekankan badan adhoc dan sekretariat dari semua tingkatan Desa harus belajar tentang proses penghitungan suara di Tempat Pengungutan Suara (TPS).

“PPS dan KPPS harus belajar mulai sekarang tentang semua proses penghitungan suara di TPS,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Timotius menegaskan kepada PPS untuk bisa memahami semua proses penghitungan suara.

“Agar nantinya bisa mendampingi KPPS yang bertugas di seluruh TPS yang ada di diwilayahnya. Guna meminimalisir kesalahan dalam proses penghitungan suara,” tutupnya.

(bnp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *